Railbus di Solo, transportasi mirip trem

PT Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta mulai mengoperasikan Railbus yang diberi nama Batara Kresna jurusan Sukoharjo-Yogyakarta mulai Minggu lalu. Ini dia beberapa tampilan ‘Trem’ khas Solo dan Yogyakarta tersebut yang dikutip detikFinance, Selasa (14/8/2012).

Menurut Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan Railbus ini mirip seperti transportasi trem layaknya angkutan transportasi di negara-negara barat. Ia mengatakan satu rangkaian railbus dapat mengangkut 320 penumpang. Satu rangkaian terdiri dari empat gerbong, yang masing-masing menampung 80 penumpang.

“Dibutuhkan disitu saat ini yang padat calon penumpang. Nanti ditingkatkan dua kali frekuensi per hari. Railbus bisalah nutup ongkos, target demand tinggi Solo – Yogyakarta. Bentuknya seperti trem,” kata Jonan.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan mengatakan tarif Railbus untuk Sukoharjo-Solo dibanderol Rp 10.000. Sedangkan untuk tarif kereta bus ini dari Solo-Yogyakarta dibanderol Rp 20.000. Sukoharjo-Yogya dibanderol Rp 30.000. Railbus masuk kategori kereta bus lux dan ber-AC.

Untuk tahap awal, angkutan massal ini hanya beroperasi sekali pulang pergi (PP) dalam sehari. Railbus berangkat dari Sukoharjo pukul 07.45 WIB dan  tiba di Purwosari pada pukul 08.54 WIB dan tiba di Yogyakarta pada pukul 9.58 WIB.

Sedangkan dari Yogyakarta, railbus tersebut akan diberangkatkan pada pukul 14.15 WIB, tiba di Purwosari pada pukul 15.13 WIB dan sampai di Sukoharjo pada pukul 16.30 WIB. Railbus akan berhenti di beberapa stasiun yaitu di Sukoharjo, Purwosari dan Yogyakarta.

Gimana bro/sist tertarik untuk mencobanya? Silahkan datang ke Solo…

Myfitr sendiri biarpun sudah lama tinggal di Solo tapi belum pernah mencobanya, kalau cuma melihatnya saja sih sudah…. 🙂

myfitr

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*