Honda : Bunyi ngorok di Vario 125 masih normal

Jakarta – Bunyi ‘ngorok’ pada mesin Honda Vario Techno PGM-Fi membuat sebagian pengguna merasa bingung. Bunyi mesin itu cukup mengganggu pemilik skutik injeksi tersebut.

Di antaranya pembaca detikcom Yonathan Danu Wibowo. “Sejak awal motor diterima kondisi motor sudah terdengar suara seperti mengorok, saya sudah melakukan 2 kali servis dan juga komplain di AHASS tapi tidak ada perubahan, malah semakin jelas ngoroknya,” ujarnya.

Otolovers lainnya yakni Raup juga mengalami hal yang serupa. Mesin skutik miliknya tetap ngorok meski menggunakan BBM beroktan tinggi seperti Pertamax. Keheranan keduanya cukup mewakili sekian banyak pertanyaan yang diajukan ke redaksi detikOto.

Penasaran dengan hal ini, detikOto mencoba menghubungi PT Astra Honda Motor (AHM) yang punya motor. Bagaimana jawabannya?

“Itu masih dalam batas toleransi. Tidak ada part yang bermasalah,” kata Technical Training Dev AHM, Sarwono Edhi kepada detikOto, Kamis (23/8/2012).

Menurutnya bunyi ngorok pada mesin Honda Vario Techno PGM-Fi tidak disebabkan dari komponen-komponen yang berada di mesin skutik tersebut.

“Kelonggaran pada mesin bisa menyebabkan. Tapi untuk bunyi ngorok satu itu bukan dari komponen mesin. Bunyi itu masih toleransi. Pully agak beda bunyinya bukan speerti itu. Roller berbunyi tapi tidak ngorok,” ucapnya.

Sarwono pun menegaskan hingga saat ini AHM tengah mencari solusi dari mana asal bunyi tersebut.

Selama proses investigasi, AHM memang menemukan bunyi tersebut, tapi masih batas normal dan belum menemukan kejanggalan pada mesin Honda Vario Techno PGM-Fi.

“Kami sedang investigasi, tapi belum mendapatkan solusi yang pas untuk itu. Bunyi ngorok itu masih ditoleransi,” ucapnya. Ia pun menyarankan kepada pengguna Honda Vario Techno PGM-Fi untuk tetap melakukan perawatan rutin ke bengkel resmi.

“Saran saya lakukan perawatan rutin ke bengkel. Setiap 4.000 km lakukan pengecekan dan 8.000 km,” tutupnya. (detikoto)

Ngorok itu normal kok asal tidak mengganggu tetangga…. 🙂

myfitr

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*