[Wisata] Solo

Hampir 2 tahun ini myfitr tinggal di Solo, tepatnya sih di Karanganyar tapi tiap hari bolak-balik ke Solo.

Seperti halnya Jogja (myfitr 10 tahun tinggal di Jogja) kota yang arahnya ke timur dari Jogja ini juga ternyata banyak memiliki lokasi wisata yang harus dikunjungi. Lantas apa saja yang layak dikunjungi????

1. Kraton Surakarta Hadiningrat

Belum ke Solo jika belum mendatangi Kraton Surakarta Hadiningrat. Di sinilah saksi sejarah dan perkembangan Kota Surakarta yang juga dikenal dengan nama Solo. Keraton ini sudah hadir sejak ratusan tahun lalu sebagai penerus Kerajaan Mataram Islam. Di sini, pengunjung bisa mempelajari sejarah dan kebudayaan Solo.

Bangunannya unik, kental dengan arsitektur bergaya Jawa namun tak kehilangan sentuhan Eropa. Komplek keraton yang dipenuhi pepohonan rindang membuat wisatawan bisa menikmati seluruh sudut bangunan dengan nyaman. Museum, ruang benda pusaka, kereta kencana, dan beragam diorama tersebar di 9 ruangan yang bisa Anda jelajahi.

Setelah puas menikmati gaya arsitektur dan detil ala Jawa di bagian depan komplek keraton, pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa Eropa di tengah bangunan. Ada patung gaya Eropa yang menghias komplek utama. Ada pula menara yang jadi ikon dari keraton ini. Pastikan pakaian Anda sopan saat ingin melancong ke Kraton Surakarta ya!

2. Kampung Batik Laweyan

Ingin belajar batik? Berkunjunglah ke Kampung Batik Laweyan di Desa Laweyan, Solo. Tak hanya bisa melihat proses pembuatan batik, wisatawan yang datang ke sini juga bisa mencoba untuk menggores canting di kain. Kampung yang sengaja dibuat untuk melestarikan budaya batik ini dipenuhi dengan rumah para pengrajin batik.

Semua serba batik saat Anda ada di sini. Mulai dari pakaian hingga aksesoris semua bertema batik. Tak perlu bingung memilih, semua jenis tersedia. Ada dua jenis batik yang bisa jadi pilihan antara lain batik tulis atau batik cetak. Harga kain batik yang ada di kampung ini benar-benar beragam, mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta. Tergantung jenis dan motif yang Anda inginkan.

3. Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah surganya para pecinta belanja terutama pakaian batik. Pasar yang terletak di Jl Dr Rajiman, Solo ini merupakan pasar yang paling diincar para pelancong saat sedang berlibur ke Solo. Hampir semua barang-barang bertema batik tersedia di sini. Yang jadi favorit adalah harganya yang tidak membuat kantong bolong.

Pasar yang berada di sebelah barat Kraton Surakarta ini hampir tak pernah kehabisan pengunjung. Deretan becak berjejer rapi di depan pasar menunggu para pembeli yang akan pulang. Deretan toko menjajakan pakaian dengan harga yang bervariasi. Jangan anggap batik hanya identik dengan pakaian kuno atau formal. Pasar ini juga menyediakan baju batik dengan motif logo klub sepak bola. Wiih!

4. Galabo

Kini waktunya wisata kuliner. Galabo atau Gladag Langen Bogan adalah pusatnya wisata kuliner malam di Solo. Anda takkan kelaparan jika berkunjung ke Jl Mayor Sunarno saat malam hari. Berderet tenda menawarkan beragam makanan. Satu makanan favorit di sini adalah Hik Solo atau angkringan Solo. Nikmati nasi kucing yang masih panas dan beragam sate yang kaya rasa.

Selain hik Solo, di sini juga tersedia thengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde, wedang dongo, dan masih banyak lagi. Kawasan ini akan dipenuhi tenda dan warung makan mulai dari pukul 17.00 hingga 24.00 WIB. Tak ketinggalan, ada pertunjukan musik yang biasanya hadir setiap malam untuk melengkapi santap malam Anda. Galabo akan semakin ramai dan meriah pada saat malam Minggu.

5. Pasar Gede

Inilah pasar terbesar di Solo. Pasar Gede yang terletak di persimpangan jalan dekat Balai Kota Surakarta ini memiliki aneka barang khas Kota Batik dan tak lupa, beragam panganan lezat khas Solo. Pasar yang dibangun oleh Ir Thomas Karsten ini kental dengan gaya arsitektur Eropa namun tetap tak kehilangan spirit Jawa.

Tak ada puasnya jika berbelanja di sini terlebih saat ingin mencari oleh-oleh. Pakaian dan aksesoris batik sudah tentu tersedia di sini. Jajanan pasar yang menggoyang lidah bisa jadi kuliner pelengkap saat sedang belanja. Juga, beragam makanan kering khas Solo akan jadi oleh-oleh pas untuk keluarga di rumah.

Last, kamu belum ke Solo neh kalau belum ketempat-tempat tadi. Selamat berwisata.

*gambar dan sumber: google dan detiktravel

myfitr

1 Trackback / Pingback

  1. GALABO: Direnovasi, Galabo Pindah ke Lokasi Darurat | makanenak.info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*