Kesan pertama nyemplak Verza 150

gede_partayasa

Tentu yang nyemplak Verza di sini bukan mf gan… moso blogger ecek2 bisa tes ride Verza secepat ini…

Kesan nyemplak Verza ini dituliskan sama wartawan detikoto disini dan ane ceritain ulang di blog ini… langsung aja ya gan..

Verza 150 ini mengusung konsep “modern stylish and masculine” yang benar-benar tergambar dari bentuk tangki bahan bakar yang gagah dan macho. Garis-garis striping menyatu dengan shround sporti, desain lampi depan, pelek racing dan ban tubeless dan pijakan kaki belakang dengan sistem gantung yang memperkuat kesan sporti dan modern.

Desain lampu depan dilengkapi dengan lampu senja dan multireflektor yang dapat diukur sudutnya sehingga menghasilkan pencahayaan yang maksimal saat berkendara di malah hari.

Desain pegangan belakang yang modern dan sporti terbuat dari nylon yang ringan namun kuat yang dapat memberikan tampilan modern sekaligus fungsional.

Verza ini tersedia dalam 4 pilihan warna untuk masing-masing tipe, yakni sporty red, masculine black, tough silver dan marine blue.

1. Kenyamanan posisi riding

Tinggi badan tes rider dari detikoto 174 cm. Verza 150 ini ketinggian tempat duduknya 773 mm dan jarak terendah ke tanah 156 mm.

Alhasil posisi berkendara tegak yang nyaman dan ergonomis serta posisi tempat duduk belakang yang landai memberikan kenyamanan yang optimal di setiap situasi perjalanan.

2. Performa mesin 150 cc

Trek riding test yang disediakan AHM cukup beragam, jalanan lurus, berkelok, bergelombang, dan zig-zag. Dengan dibekali mesin 150 cc, 4-langkah, SOHC, silinder tunggal serta dilengkapi dengan injektor canggih PGM-FI, Verza ini mampu menghasilkan performa yang tangguh, dan responsif.

Hal itu terbukti saat tes rider mulai memasuki trek, jalan lurus yang hanya beberapa meter dimanfaatkan untuk menjajal mesin diputaran bawah. Hasilnya putaran bawah Verza ini cukup responsif.

Memasuki trek-trek lainnya semakin nyata kalau Verza ini tangguh di segala medan. Di putaran atas juga tenaganya sangat oke.

Verza 150 ini diklaim AHM memiliki daya maksimum hingga 9,72 kW (13,2 PS)/8.500 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 12,7 Nm (1,29 kgf.m)/6.000 rpm. Perpindahan setiap gigi juga terasa agresif dan responsif. Verza ini memiliki pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5.

3. Handling

Verza memiliki dimensi panjang 2.056 mm, lebar 742 mm dan tinggi 1.054 mm dan ukuran ban depan 80/100-17 M/C 46p dan ban belakang 100/90-17 M/C 55p menjadikan handling Verza ini nyaman.

4. Suspensi

Pengujian suspensi dirasakan ketika tes rider melewati jalan yang bergelombang dan jalan yang sedikit menanjak. Hasilnya suspensinya tetap nyaman. Dengan postur pengendara yang tergolong tinggi dan berat badan yang tergolong berat ini tetap terasa nyaman.

5. Sistem pengereman

Sesekali tes rider melakukan pengereman mendadak di jalanan lurus maupun berkelok. Hasilnya rem yang dimiliki Verza 150 ini cukup responsif, ketika dicoba menginjak pedal rem secara mendadak motor langsung berhenti dan tanpa adanya kesan membuang atau ban slip.

Verza 150 ini menggunakan tipe rem depan dengan cakram hidrolik dengan piston ganda dan untuk rem belakang menggunakan tromol.

6. Fitur keamanan dan keselamatan

Verza 150 ini dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan yang mumpuni di kelasnya. Dimana kunci kontak bermagnet yang modern, praktir dan efektif mengurangi resiko pencurian motor. Sensor rebah (bank angle sensor) yang dapat melindungi pengendara pada saat terjatuh. Mesin akan mati sendiri secara otomatis ketika motor berada pada sudut kemiringan 60 derajat atau lebih.

Fitur pengamanan lainnya seperti rantai (sprocket chain stopper) yang menjaga roda tidak terkunci pada saat rantai terlepas dari gear.

Nah gitu lho mas bro gambaran nyemplak Verza nya. Meski terbilang murah ternyata Verza ini gak murahan lho….

Prant Bumi Intanpari

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*