Mio mati total, CDI nya mati

image

Assalamualikum…..
Kejadian ini menimpa mio adek ane. Seekor mio hitam lansiran 2009.

Awalnya ni motor pet mati total kagak mau di stater baik pake elektrik maupun pake stater engkol saat nembel. Alhasil pulang ke rumah jadi jalan dehhh….

Esoknya ni mio di bawa ke bengkel yang ada di dekat rumahnya. Ditungguin dari pagi sampai sore ternyata ni bengkel gak bisa menemukan penyebab matinya si mio. Padahal semuanya udah dibongkar. Kabel-kabel juga udah di cek, aki juga. Nah kepaksa deh ni mio musti diinapkan.

Sehari dua hari diinapkan masih saja belum ketemu penyebabnya ini bengkel apaan sih….

image

Nah dihari ketiga adek ane baru dikabari kalo katanya CDI nya. Bengkelnya nyoba pake CDI shogun katanya mau nyala.

image

Nah apa sih CDI itu……. CDI (Capacitor Discharge Ignition) menurut fungsinya adalah mengatur waktu/timing untuk meletikan api pada busi yang sudah dibesarkan oleh coil untuk memicu pembakaran pada ruang bakar mesin. CDI yang beredar saat ini adalah tipe standard, racing limitter, racing unlimitter dan programmable. Pengaturan pemantikan api akan memaksimalkan akselerasi dan power mesin hingga maksimal karena pada saat uap bahan bakar yang telah tercampur udara masuk ke ruang bakar akan terbakar sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang.

Akhirnya diganti tuh CDI pake CDI mio original. Harga CDI ini Rp 260.000.lalu dipasang deh dan case closed….

Apa ciri-ciri CDI dah mau mati? Kata bengkelnya sih kalo knalpot mio udah nembak-nembak.

Yang ada dalam pikiran ane…. kok CDI mio yang baru berumur 4 tahun sudah rusak, padahal CDI kalo di bebek kan awet bangetttt….. Tapi kata mekaniknya mio emang gitu….

Sekian semoga berguna.
Prant

Posted by WordPress for Android

26 Comments

  1. Wah sama kasusnya sama mio smile ku gan.. Awalnya mrebet lama2 pengapian ilang… Seharian aku obrak abrik eh ternyata kabel ke bodi nya putus, pas aku sambung ehhh tetep gaa ada pengapianya.. Coba pake cdi mio nya ponakan eh nyala si motor..
    Sepertinya besok kudu ketoko dah beli cdi mio ori..
    Kalo di balikpapan kayaknya harganya lebih mahal gan, denger2 hampir 400 an.. Hufttt…

  2. pakai brt dualband harganya disini 430 aja gan, saya newbie baru coba dah ketagihan hehe pengaruh bgt di akselarasi awet dah 2 tahun

  3. Mio ku dah diganti pake cdi ori cuman kuat satu hari tapi mati lagi, apa sih masalahnya ko cepet rusak sama cdi?… Tolong di bantu gan

  4. misi om om aku mau tanya mio ku udah hampir seminggu mbrebet asal dipake mati. karbu udah di bersihin, sampe di ganti paking karna rembes, udah ganti busi. sampe sekarang kalo buat jalan awalnya bisa tiba tiba mbrebet kaya kanginan terus mati

  5. Saya punya motor mio thn 2011 kendala motor saya kalau di pasang aki cdi konslet udah abis 4 dalam 1 minggu apa kndala dari smua itu kiprox normal klistrikan normal apa itu penyebab dari pulser mohon di bantu gan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*