Hari ini malam sahbanan di kampung SHPblog

image

Malam sahbanan…. itulah sebutan untuk malam ini di kampung SHPblog di Purworejo sana. Malam sahbanan adanya dibulan sahban mendekati bulan puasa. Malam sahbanan juga pas malam bulan purnama seperti sekarang ini.

Sahbanan ada dua hari, sahbanan yang hari pertama disebut malam sahbanan santri, dimana pada malam itu dilakukan sholat sahban di surau-surau dan masjid.
Sedangkan sahbanan malam kedua disebut sahbanan tidak santri heheeee…. pada malam sahbanan ini muda-mudi di kampung akan keluar rumah berjalan-jalan di kampung. Mereka biasanya akan menuju ke warung-warung makan yang hanya buka di malam sahban ini. Yaaa…. ada beberapa rumah yang tiba-tiba berubah menjadi warung…. biasanya di malam sahban akan dijual kupat tahu, soto, kepok tempe, dan makan-makanan rakyat lainnya.

Ada satu lokasi favorit yang biasa dikunjungi oleh muda mudi, tapi lokasi ini agak jauh dari kampung SHPblog tapi masih dalam satu kecamatan. Nama lokasinya kali Jali. Sebuah sungai biasa sebetulnya, tapi di malam sahban sungai ini menjadi ramai oleh para pengunjung yang biasanya akan berendam disana untuk mencari berkah…. Tapi sebagian hanya main-main dan nongkrong saja di sini.

Itu tradisi malam sahban yang hanya SHPblog temui di kampung halaman dan belum pernah SHPblog temui di perantauan baik di Jogja maupun di Karanganyar Solo.

Sekian sobat dan sobit semua semoga berguna. Dan apa ada tradisi seperti ini ditempat pembaca semuaaaaaa……

Prant

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*