Suzuki Satria dari masa ke masa

image

Suzuki Satria motor bebek bengis andalan Suzuki Indonesia ini ternyata sudah panjang perjalanannya…. dari semula yang bermesin 2 tak dan berbentuk murni bebek, Satria mengalami perubahan menjadi 4 tak dan berujud ayam jago aka motor alay eh motor bebek sport….

Berikut perjalanan panjang Satria yang berhasil ane rangkum eh kopas dari gilamotor.com.

image

1997 – Suzuki Satria 120S
Sejarah dimulai dengan hadirnya Suzuki Satria 120St, motor 2 tak yang diproduksi dengan platform sport underbone atau yang dikenal dengan sebutan motor bebek sport.
Kelebihannya adalah, Suzuki Satria 120S 2 tak ini memiliki akselerasi yang bagus, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai kecepatan tertentu. Seiring dengan bertambahnya pencinta motor bebek sport, maka Suzuki Satria 120S melakukan peningkatan spek sehingga hadirlah Suzuki Satria 120R.

image

image

1998 – Suzuki Satria 120R
Suzuki Satria 120R merupakan sebuah legenda untuk motor bebek yang memiliki kekuatan motor sport dengan tarikan dan suspensi yang bagus. Suzuki Satria berbasis motor bebek namun memiliki beberapa fitur motor sport seperti: perseneling sport, kopling manual, double disc dan fitur sport lainnya. Di saat para pencinta motor bebek
sport mulai menyebut kata “speed” dan menjadikannya hal yang utama, maka Suzuki menghadirkan Suzuki Satria FU150 dengan platform hyper underbone.

2004 – Suzuki Satria F150
Pada tahun 2004, Suzuki Indonesia mendatangkan Suzuki Satria FU150 hyper underbone secara CBU dari Thailand dengan beberapa perubahan yang disesuaikan dengan kondisi jalanan Indonesia. Hasilnya, respon pencinta “speed” yang sangat hebat! Kerena respon pasar dan peminat Suzuki Satria sangat luar biasa, pada tahun 2007 Suzuki Satria FU150 hyper underbone dibuat CKD oleh Suzuki Indonesia dilengkapi fitur electric starter.

2007 – Suzuki Satria F150
Dengan hadirnya kebijakan pemerintah yang mengharuskan motor memiliki mesin 4 tak, maka pada tahun 2007, Suzuki menghadirkan Suzuki Satria F150 Hyper Underbone 4 tak dengan spek DOHC engine, 6 speeds dan double disc brake.

2008 – Suzuki Satria F150
Pada tahun 2008 Suzuki Satria F150 melakukan penyegaran pada bagian headlampnya dengan menggunakan desain futuristic dan bentuk yang lebih besar, diadopsi dari motor besar Suzuki GSX, serta penambahan switch MODE indicator melalui tombol SDMS di speedometer untuk pilihan berkendara secara Eco, normal atau Power. Setelah peluncuran Suzuki Satria F150 terakhirnya ditahun 2008, kini Suzuki membuat sebuah gebrakan baru dan menarik perhatian para pencinta Suzuki Satria.

image

2013 – Suzuki Satria F150
Kini para pecinta Satria mendapat suguhan baru karena PT. Suzuki Indomobil Sales sebagai ATPM Suzuki merilis new look Satria F150. Satria dirilis dengan desain headlamp yang menyerupai pendahulunya, kecil, tajam dan melegenda! Perubahan desain cover body hyper underbone yang lebih stylish dan lebih ramping. Tail yang lebih sexy dengan double layer yang tampak semakin meruncing.

Performa mesin Satria didukung dengan tekonologi mesin 150cc, 4 tak dengan DOHC 4valve. Lengkap dengan transmisi 6-speeds dan Suzuki Advance Cooling System. Blok silindernya terbuat dari alumunium yang diperkuat dengan teknologi SCEM ( Suzuki Composite Electrochemical Material ) yakni teknologi yang sama diterapkan di motor besar. Disc brake, suspensi monoshock link type serta switch MODE indicator melalui tombol SDMS di speedometer dengan inisial ”Lo” dan ”Hi” juga masih tersedia.

Oke sobat gitu lho sejarah panjang Satria mengaspal di Indonesia… Pada jaman dulu Suzuki memang pabrikan paling super…. Teknologina itu lho pualing handal diantara pabrikan yang lain…. tapi Suzuki yang sekarang…you know lah sobat….

Prant

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*