Belanja di tanggal muda, waspadai penggelembungan belanjaan oleh kasir

image

Tanggal muda datang lagi….. tau yang rame mana aja gan kalo tanggal ginian….ATM ama swalayanlah…. masjid mah ramenya kalo hari jumat doang….

Oke gan lanjut…. biasanya setelah mengambil bayaran di ATM, orang gede pasti akan langsung membelanjakan gajinya untuk kehidupan sehari hari…. ya sisanya pasti ditabung…

Rata-rata orang jaman sekarang akan belanja kebutuhan di supermarket atau swalayan….jarang yang mau ke pasar tradisional….

Nah soal belanja ginian saya pernah dapat pengalaman buruk….kalo gak salah 2 kali dan semua terjadi di tanggal muda dimana untuk membayar belanjaan kasirnya ampun deh nguantrinya….

Di supermarket di wilayah Jaten Karanganyar…. setelah belanja dan ngantri panjang di kasir sesampainya di rumah iseng-iseng saya cek belanjaan dan struknya….. Ada yang aneh, ada penggelembungan jumlah mie (masih ingetkan orang gede) yang saya beli….saya beli beberapa mie instant dengan rasa yang berbeda beda, tiap rasa cuma saya beli 1 biji, tapi ternyata di struk kasir ada yang jadi 2 gan…sementara mie yang lain tetap masuk ke dalam struk….. dan ini saya tahu ketika udah sampai di rumah, udah gak bisa komplen lagiiii….. memang harganya cuma seribuan, api bayangkan jika pembeli yang lain juga mengalaminya…. udah dapat berapa aja tuh kasir…

Pengalaman yang lebih dulu sebelum ini juga pernah, saat itu saya masih di Jogja… setelah belanja disuatu supermarket sampai kos saya cek….lha kok ada nama kosmetik di struk belanjaan yang seharga 30 ribuan….padahal barangnya gak ada di belanjaan sya. sekali lagi saya dah sampai rumah dan gak bisa komplen lagi….

Ternyata pengalaman seperti ini bukan cuma saya yang menalaminya…. sempat saya baca di rakyat bicara di koran…ada juga yang mengalaminya dan di supermarket yang sama dengan tempat saya belanja….

Kesimpulannya…. saat membayar dikasir, awasi kasir saat memasukkan harga di komputer, awasi jumlah item tiap barang yang dibeli apa sesuai jumalahnya dengan yg kita beli apa tidak. Setelah membayar cek lagi struk kasir di dekat kasir…inget-inget barang yang tadi di beli dan jumlahnya…. kalau ada kekeliruan langsung saja komplen.

Gini ini memang disengaja gan…. yah seperti mafia kasir gitulah…. kasir jahat akan memanfaatkan kelengaham pembeli yang membeli barang segitu banyak dan pasti cuek aja gak mau ngecek sesudah membayar…

Oke gan semoga tulisan ini berguna…. waspadalah waspadalahhhhhhhhh….

Prant

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*