Modifikasi Jupiter MX roda 3 mirip Piaggio MP3

image

Soal kreatifitas orang Indonesia memang jagonya….apalagi disektor kreatif modifikasi motor, tak ada yang meragukan lagi….. dan kreasi warga Solo ini patut mendapat acungan jempol….

Rubiyanto warga Jajar, Laweyan , Solo ini berhasil memodifikasi Jupiter MX menjadi sebuah sepeda motor unik dengan sistem reverse trike (dua roda bersebelahan di depan).

Keren kan bro…. jadi mirip Piaggio MP3…. setau ane yang punya piaggio ini sih rafi ahmad….

Ada alasan dari Rubiyanto soal kenapa dia membuat sepeda motor dengan desain unik seperti itu, bukan seperti lazimnya sepeda motor roda tiga yang selama ini juga dibuatnya di bengkel miliknya untuk penyandang disabilitas.

Menurut dia, sepeda motor dengan sistem reverse trike atau dua roda depan dan satu roda belakang itu dipilih karena jauh lebih aman. Selain mengurangi risiko jatuh, sepeda motor roda tiga itu juga lebih stabil karena mengadopsi tilting three wheel (TTW), sebuah konstruksi yang membuat kedua roda depan bisa miring sempurna saat membelok. “Untuk manuver ekstrem pun tidak masalah,” katanya kepada Solopos.

Karena keseimbangan yang lebih terjaga, aneka kontur jalan pun tak lagi jadi masalah. Rubiyanto mencontohkan rel yang membujur melengkung memotong Jl Slamet Riyadi kawasan Purwosari, Solo, alias rel bengkong yang sering menjatuhkan pengendara sepeda motor konvensional yang tidak waspada, khususnya saat hujan “Dengan kendaraan ini kita tidak perlu mengurangi kecepatan untuk melintasi rel bengkong Purwosari,” klaimnya.

Biaya yang dia habiskan untuk mendesain ulang reverse trike berteknologi TTW sekitar Rp 6 juta. “Tergantung mutu komponen seperti shock breaker, rem cakram dan pelek,” terangnya.

Dia menguraikan, konstruksi baru sepeda motor besutannya tetap lincah melaju di jalanan kota.Sebab lebar depan kendaraan ini hanya sekitar 75 sentimeter dan
panjang kendaraan normal. Namun bobotnya melar menjadi 25 kg yang berakibat pada laju dan konsumsi BBM.

Gimana pengen modif kayak gitu juga gan…. silahkan kunjungi bengkelnya mas  Rubiyanto, Jl Jambu Raya,Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan, Kota Solo,

Posted from WordPress for Android

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*