Penipuan lewat SMS modus baru lagi

Selamat pagi gaiss….

Menipu menjadi pilihan beberapa orang untuk mendapatkan materi dengan cepat tanpa harus bekerja keras. Padahal mereka tahu kalau kegiatan menipu itu haram hukumnya karena merugikan orang lain.

Adanya teknologi telepon genggam atau hp sedikit banyak membuat kerja para penipu semakin mudah. Dengan hanya mengetikkan beberapa kata melalui sms (yang kadang juga merupakan sms bonusan, ngirit mode on) mereka sudah dapat memperdaya orang lain.

Setelah heboh penipuan sms “mama minta pulsa“, dan sebelumnya sms hadiah, sekarang muncul lagi penipuan modus baru dengan sms.

Seperti yang mase dapatkan beberapa waktu lalu dipagi hari kala bangun dari tidur.

image

Sms yang intinya meminta tolong untuk mengirimkan pulsa ke nomer tertentu, bahkan disertai dengan nama sipemintanya, dan katanya akan dibayar nanti.

Mungkin sms ini terlihat biasa saja, tapi coba bayangkan jika yang menerimanya seorang penjual pulsa dan kebetulan punya teman yang namanya sama dengan yang tertulis di sms…. Tanpa pikir panjang bisa saja sipenerima tadi langsung mengirim apa yang diminta, lalu pas ketemu dengan temannya yang namanya sama tadi bisa dibayangkan apa yang akan terjadi….. Si penerima sms baru sadar kalau dia sudah kena tipu…..

Yuk mulai sekarang hati-hati dan jangan gampang percaya dengan sms yang masuk ke hp kita, apalagi sms dari nomor baru yang belum kita save. Kroscek terlebih dahulu ke yang terkait sebelum melakukan perintah dalam sms.

Sms penipuan biasanya dikirimkan di pagi hari, dan dibaca oleh penerimanya saat bangun tidur.

Penipu memanfaatkan waktu di mana nyawa kita belum terkumpul sepenuhnya, dan disaat itulah manusia mudah lengah karena otak masih males-malesan untuk berfikir secara rasional.

Salam satuaspal blog

image

Posted by Mase from WordPress for Android

4 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*