Wisata Kemuning, Kebun Teh Karanganyar

Selamat sore sahabat semua!

image

Pasti banyak yang belum tahu nih kalau di Karanganyar tercinta ini juga memiliki tempat wisata kebun teh yang mirip-mirip di puncak Bogor sana. Kabupaten karanganyar di sebelah timur didominasi dengan area pegunungan yang juga berbatasan dengan Jawa Timur. Nah area pegunungan inilah yang jadi tempat strategis untuk tanaman teh.

Tanaman teh ini yang mensuplai pabrik-pabrik teh yang ada di Karanganyar. Yup di Karanganyar sendiri banyak pabrik-pabrik teh besar, seperti yang ada di wilayah Jaten misalnya.

image

Untuk lebih jelasnya tentang kebun teh Kemuning ini sahabat sekalian bisa baca deskripsi berikut ini.

Perkebunan Teh Kemuning berada di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah atau sekitar 10 kilometer timur laut dari jalur utama Solo-Tawangmangu. Perkebunan teh ini merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah yang berada di kabupaten karanganyar.

image

Pesona alam pegunungannya masih asri, Udara sejuk dengan suhu rata-rata 21,5 derajat celcius. Lokasi tepat perkebunan ini ada di 11,10-11,250 BT dan 7,40-7,60 LS. Ketinggian tempatnya bervariasi antara 800 hingga 1.540 meter di atas permukaan laut dengen kelembaban berkisar 60 – 80 persen dengan penyinaran matahari hanya 40 – 55 persen.

image

Kawasan Kemuning berada di antara Candi Sukuh dan Candi Cetho. Candi Palanggatan dan Menggung. Untuk menuju tempat tersebut, tidak sulit. Kita bisa memakai angkutan umum dengan rute Karangpandan, Ngargoyoso, dan Jenawi.

image

Hamparan hijau perkebunan teh sangat bagus dilihat. Di Kemuning, kita bisa menikmati pesiar dalam bentuk tea walk alias menjelajahi perkebunan teh. Tak hanya pemandangan hamparan teh. Puluhan perempuan bercaping dengan tenggok di punggung menjadi bumbu lain yang sedap dilihat. Mereka bekerja dengan penuh kesabaran dan ketelitian.

image

Saat matahari baru saja merekah, aktivitas para pemetik daun teh ini sudah dimulai. Eksotis, karena jarang bisa dijumpai di obyek wisata pada umumnya.

Rencananya kawasan wisata Kebun Teh Kemuning juga bakal dilengkapi gardu pandang. Dengan begitu, wisatawan lebih mudah melihat hamparan teh. Pemkab Karanganyar juga akan melengkapi Desa Kemuning dengan homestay bagi pengunjung yang ingin menginap. Ini bukti, Kemuning tak semata jadi produsen daun teh. Tetapi juga sebuah lokawisata yang mengasyikkan dan punya fasilitas signifikan.

Sumber: http://www.karanganyarkab.go.id/20110704/agro-wisata-kebun-teh-kemuning/

Kebun teh Kemuning juga jadi tempat favorit para kawula muda Karanganyar dan sekitarnya untuk berpacaran di hari minggu.

Salah dua dari pemuda dan pemudi yang pernah berpacaran di sana ya saya sendiri dan nyobes (nyonya besar :mrgreen: ) jadi malu.

image

74 Komentar

    • yup om karanganyar solo.iya kebun tehnya memang lebar banget om…disini juga ada griya teh-nya lho tapi saya lupa namanya…kalo ke tawangmangu mampir sini sekalian…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*