Rumah pong-pongan

Saat saya berada di Banjarnegara tempo hari (sudah lama), ada yang menarik perhatian saya saat nganterin kakak ke sebuah pondok pesantren di sana.
image

Banyak anak kecil yang mengerumini bapak ini. Rupanya bapak ini seorang penjual rumah-rumahan pong-pongan.
Setahu saya dahulu pas saya masih kecil pong-pongan hanya dimainkan ditempat terbuka begitu saja tanpa diberi rumah-rumahan seperti ini. Terkadang saya dan teman-teman juga memainkannya dengan mengadunya. Mengadu dengan cara siapa yang tercepat keluar dari air maka pong-pongan tersebutlah pemenangnya.
Cara bermainnya dengan membuat lubang berbentuk kerucut terbalik di tanah, lalu lubang diisi air dan pong-pongan yang akan dilombakan dimasukkan bersama-sama ke dalam lubang tersebut.
Mungkin karena kemajuan jaman, kini pong-pongan pun dibuatkan rumah. Bangunan rumah dibuat dengan memakai busa (semacam busa untuk tikar itu) yang memiliki warna-warna mencolok dan dengan desain yang sangat bagus.
Terlihat ada yang tingkat, ada taman dan prosotan di depan rumah, ada kolam renangnya dll.
image
Pongpongan dengan berbagai motif kartun (credit:google)
Pas saya selidiki harga pong-pongan bermotif (iya bermotif, ada bergambar upin ipin, spongebob dan berbagai karakter kartun yang lain) dan rumahnya dihargai 10 ribu, untuk rumah yang agak gede dan 1 ekor pong-pongan di dalamnya. Sedang rumah yang kecil dihargai 5 ribu. Kalau mau membeli pong-pongannya saja harganya seribu satu ekornya.
image
Pongpongan bermotif spiderman (credit:asopusitemus.com)
Posted by WordPress for Android

37 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*