Sidak di salah satu jembatan timbang, Ganjar Pranowo temukan pungli

satuaspal.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa dibilang bukan gubernur biasa karena berani melakukan sidak ke jajaran di bawahnya seperti halnya Jokowi di wilayahnya.
image

Minggu (27/4/2014) malam sekitar pukul 20:00 wib, Ganjar Pranowo melakukan sidak ke jembatan timbang di daerah Subah, Batang, Pantura. Dan kedatangannya tidak sia-sia. Dia menemukan praktik pungli di depan matanya. Beberapa kernet truk yang kendaraannya masuk ke jembatan timbang terlihat memasuki sebuah ruangan dan meletakkan uang di atas meja di dalam ruang tersebut lalu pergi begitu saja. Bahkan karena tidak mengenali Ganjar, beberapa kernet yang lain tetap saja masuk ke ruangan tersebut dan meletakkan uang saat Ganjar berada di ruangan tersebut dan Ganjar mecegatnya dan menginterogasinya. Ternyata hal itu sudah menjadi budaya, biasanya para kernet/sopir meletakkan uang 10 atau 20 ribu untuk menghindari denda karena kelebihan muatan. Padahal denda yang sudah di atur oleh Perda berkisar 10 ribu hingga 60 ribu sesuai golongan kendaraan dan jenis pelanggaran.
Ini Biang Keladi Kerusakan Jalan Pantura
Jalan Pantura diketahui banyak mengalami rusak parah di beberapa titik. Ini jelas karena peran jembatan timbang yang seharusnya mengatur batas beban maksimum kendaraan tidak berfungsi karena petugasnya bisa disuap, bahkan dalam sehari satu orang petugas bisa membawa pulang uang haram itu sebanyak 250 ribu.
“Temuan mengenaskan, ya pas kalau jalan hancur, hampir semua melebihi muatan. Kalau tiap hari seperti ini, berapapun pendapatan yang diperoleh dari Perda ini tidak sebanding dengan yang kita pakai untuk memperbaiki. Setahun dengan pendapatan Rp 50 miliar atau Rp 30 miliar tapi kerusakan bisa Rp 300 miliar, ” ujar Ganjar.
salam satu aspal – mase
*)credit detik.com
Member of…
image

22 Komentar

  1. Upss… saya pernah ngelakuin itu mas. Tapi setau saya di Jateng gak mau pungli. Klo jatim masih mau.. tapi gak tau juga sih klo sekarang..
    #maaf ya bos.. itu jaman tahun 2008-2010an dulu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*