Tentang sholat jumat

Sekarang ini ada acara tv yang bagus banget lho, kalo nggak salah namanya “Berita Islami Masa Kini” yang tayang di Trans TV pas sore menjelang mahgrib… sayangnya gw gak bisa nonton acara ini secara full karena pasti terpotong sama sholat mahgrib.
Kemarin sore pas gw kebetulan nonton ada informasi menarik seputar sholat jumat. Sepertinya gak ada salahnya kalo gw share di mari. Informasi ini tentu saja berdasarkan hadist-hadist yag udah dirangkum sama tim berita tersebut, namun di sini gak gw tulisin hadistnya, terus terang gw gak hafal dan gak gw catet.
image
Informasi apa sajakah itu???

1. Mandi sebelum sholat jumat itu hukumnya wajib, dan lebih baik lagi jika memakai wangi-wangian.
2. Datang ke masjid dengan segera, jangan ditunda-tunda karena ada hadist yang kurang lebih bunyinya seperti ini, “Dihari Jumat malaikat duduk di serambi masjid dengan membawa buku catatan untuk mencatat orang yang datang ke masjid, tapi ketika khatib sudah naik ke mimbar malaikat tersebut akan menutup bukunya dan berhenti mencatat”. Nah jadi jika mau amalan jumatmu di catat sama malaikat datanglah sebelum khotib naik ke mimbar.
3. Mendengarkan adzan hukumnya sunah dan mendengarkan khotbah hukumnya wajib. Jadi jangan menunaikan yang sunah dan malah meninggalkan yang wajib. Artinya, segerakan untuk menunaikan sholat tahiyatul masjid meskipun adzan sedang dikumandangkan dan diamlah untuk mendengarkan khutbah dari awal.
5. Tidak ada gunanya orang yang datang terlambat (pas khotib sudah berkotbah) lalu dia mengambil tempat di depan (dekat imam) yang masih kosong dan melewati orang-orang yang sudah hadir terlebih dahulu, sholat jumatnya hanyalah dianggap sebagai sholat dhuhur biasa oleh Allah.
Sekian sekiranya yang gw inget dan gw rangkum dari berita kemarin, jika ada yang ingin menambahi silahkan tuliskan di kotak komentar. Semoga informasi ini akan membuat kita tidak bersantai-santai ketika waktu jumat sudah masuk.

10 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*