Makanan khas dari Purworejo

satuaspal.com – Purworejo adalah kabupaten di mana penulis lahir dan besar. dan orang tua penulis dua-duanya memang tulen dari sana, jadi penulis gak memiliki darah campuran dari manapun. sebagai orang asli Purworejo tentu penulis sering mendapat pertanyaan “apa sih mas makanan khas dari Purworejo”, pas penulis berada di perantauan, seperi tadi malam juga ada bapak-bapak tetangga rumah yang menanyakannya.
sebelumnya Purworejo ada dimana sih??

kabupaten Purworejo terletak di propinsi Jawa Tengah yang disebelah timurnya berbatasan dengan Jogjakarta, disebelah utara berbatasan sama Magelang dan Wonosobo, dan di sebelah barat berbatasan sama Kebumen.
apa makanan khas dari Purworejo??
makanan khas dari Purworejo sendiri untuk makanan berat yang spesifik saya rasa tidak ada ya. yang banyak itu ya makanan-makanan ringannya. berikut penulis jabarkan menurut pengetahuan penulis.
Dawet Ireng
Makanan ini asli khas dari Purworejo, berasal dari kecamatan butuh yang ada di Purworejo bagian barat. biasa di jajakan dipinggir jalan, makanan ini berciri khas dawet yang berwarna hitam. warna hitam ini di dapat secara alami dari batang padi (damen) yang di bakar, tentu saja dengan pengolahan yang higienis. biasanya disajikan dengan santan dan kuahnya yang manis.
image
Clorot
Makanan ini juga khas banget dari Purworejo. makanan terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dimasak dalam pilinan daun kelapa yang masih muda (janur kuning). makanan ini berasal dari kecamatan Grabag yang ada di Purworejo sebelah selatan. cara makannya unik lho kang, tekan saja bagian bawah clorot dengan jari, maka dibagian atas akan nongol.
image
image
Gebleg
makanan yang terbuat dari tepung singkong yang dibentuk seperti cincin, digoreng gurih. penulis sama teman-teman seneng nih beli ini pas sore-sore. agak a lot dimulut.
image
Lanting
makanan ini bahan dan bentuknya hampir sama dengan geblek, hanya saja ukurannya lebih kecil. Setelah digoreng lanting terasa lebih keras daripada geblek. Namun tetap terasa gurih dan renyah.
image
Lompong
Berwarna hitam, dari gandum berisi kacang dan dibugkus dengan
daun pisang yang telah mengering berwarna kecoklatan (klaras).
image
itu saja sih menurut yang penulis ketahui dan memang khas banget sama Purworejo. monggo kalau pas maen ke Purworejo di cari makanan itu di pasar-pasar atau toko penjual makanan. (Mase)
Pict : http://ridwantea.blogspot.com/2011/03/makanan-khas-purworejo-yang-hampir.html?m=1
image
Email : ekopurworejo@gmail.com
WA : 085 747 151 746
Posted by Mase SatuAspal.com via Andromax E860 layar mungil yang bikin mata jereng

57 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*