Tips Mudik Lebaran dengan Sepeda Motor

SATUASPAL.COM – Pembaca sekalian… Motor sepertinya masih akan menjadi pilihan moda transportasi bagi sebagian pemudik, tentunya selain menggunakan pilihan kereta api, bus, dan pesawat. Motor biasanya dipilih karena murah, bisa berangkat kapan saja semau guwe, dan sesampainya di kampung motor bisa digunakan buat jalan-jalan dan silaturahmi.
image
*fncounter.wp.com

Nah ngomong-ngomong soal mudik pakai motor, berikut ada beberapa tips penting yang harus diketahui oleh para calon pemudik yang akan memilih mudik menggunakan motor sebagai sarana transportasinya.
1. Yang pasti kamu harus punya
motor dulu. Kalo ga punya mendingan mudiknya naik kuda.
2. Cek rem. Pastikan masih berfungsi dengan baik. Kalo
diturunan jangan nekat ngerem pake sepatu.
3. Lampu motor harus dalam kondisi baik. Paling ilfil kalo liat orang mudik naik motor ninja, tapi penerangnya pake obor bambu.
4. Rantai juga musti di cek, masih ada atau ga, siapa tau udah lenyap diambil anak STM buat senjata tawuran.
5. Spion jangan lupa spion. Ini penting banget, buat ngaca selama di perjalanan nanti.
6. Jangan lupa SIM. Udah tau belum SIM itu apa? Surat Izin Mengemudi. Jangan kayak Lina,pas ditanyain SIM sama pak polisi, sambil bongkar hape dia jawab: “Mau SIM 1 apa SIM 2 Pak? Hape saya dual SIM nih?”
7. Surat-surat juga wajib bawa.Buat jaga-jaga kalau ada razia.Jangan karena kamu jago gombal, lalu kamu godain polisi ganteng: “Maaf Pak, surat motor saya ketinggalan, sebagai gantinya bagaimana kalo kita bikin surat nikah saja.”
8. Kalo melewati jalan yang banyak polisi tidur-nya, udah cuekin aja ga usah dibangunin.
9. Pakailah helm SNI. Biarpun lo kerja proyek, jangan pamer pulang mudik pake helm karyawan pabrik. Selain pake helm, dalam mengemudikan motor juga perlu pake otak.
10. Biar tangan ga kebas dan ga belang kena panas matahari,selama perjalanan pakailah sarung tangan, jangan pakai sarung tinju apalagi sarung bantal.
11. Bawa barang-barang yang ringkas dan penting saja. Barang-barang semacam kasur, tabung gas, meja komputer, kulkas 2 pintu, asbak, raket nyamuk sebaiknya ga usah dibawa.
12. Pasang kecepatan 40-70km/h saja. Ga usah ngebut bandel sampai 300km/h, ntar terlalu cepet nyampai kampungnya. Kan cape di rumah disuruh bantuin mama bikin kue lebaran.
13. Jangan pula terlalu santai 10km/h, nanti tua di jalan. Selain itu takutnya lebaran haji taun depan baru lo sampai kampung.
14. Selama di perjalanan bersikaplah sewajarnya. Jangan lebay pake lepas tangan, ngangkat-ngangkat ban depan,berdiri di jok, standing trus muter-muter di udara kayak satria baja hitam. Pokoknya jangan.
15. Kalo bisa mudiknya berombongan, lebih asyik dan dapet sensasi adventure-nya.Lagipula kalau di tengah jalan kita kenapa-kenapa atau dikenapa-kenapain ada yang nolong.
16. Istirahatlah ketika cape, jangan dipaksa jalan. Mendinginkan mesin motor sekaligus mendinginkan bokong. Kasian kan motornya dinaikin terus. Coba sesekali gantian motornya yang naik elo. Dibopong misalnya.
17. Yang paling penting, sebelum berangkat jangan lupa Berdoa kepada Allah SWT.
18. Dan yang paling penting banget, sebelum berangkat, ingat baik-baik dulu kamu punya kampung atau enggak. Ga lucu aja, pas udah setengah perjalanan, tiba-tiba lo sadar kalo sebenarnya lo ga punya kampung halaman.
KEEP SAFETY SMILLING
*agus fb
Posted from WordPress for Android for Andromax E860 Layar Mungil

44 Komentar

  1. cm mikir mudik krn murah tp apa ga tersiksa lahir bathin tuh mudik pake motor?? blm lg mudik bawa anak istri dlm 1 motor, itu yg lebih tersiksa krn nyengsarain anak istri, tega nian (sambil geleng2 kepala). klo udah spt ini byk bikers yg ngatas namakan org kecil krn mudik pake motor alias gak mampu tp klo lg gak mudik di jln an kelakuan bikers blagu2, sok2 an, merasa yg punya jln, yg lain hrs ngalah, merasa bayar pajak (devinisi nya gak paham) dll, DASAR MUNAFIK.

  2. Sweet blog! I found it while searching on Yahoo News. Do you
    have any tips on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but
    I never seem to get there! Appreciate it

  3. Howdy! This post couldn’t be written any better!
    Reading through this post reminds me of my good old room mate!
    He always kept chatting about this. I will forward this article to him.
    Pretty sure he will have a good read. Many thanks for sharing!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*