Mengganti oli sendiri dan membuang oli bekasnya

image

Ketemu lagi… Mengganti oli mesin motor secara rutin itu penting, selain kondisi mesin terjaga kondisi kantongpun akan ikut terjaga. Gimana gak, lha kalau oli mesin gak pernah diganti, efeknya mesin jebol, apa ya gak jebol pula tu kantong.

Ada cara mudah untuk mengganti oli mesin, ya tinggal bawa aja motormu ke bengkel langganan, lantas bilang ke masnya “ganti oli pake oli itu mas“. Paling prosesnya cuma beberapa menit dan kamu tahu beres. Pun ganti oli mesin juga setau ane gak dikenai tarif, cukup cuma bayar harga olinya saja. Tapi kalau kayak gini kurang kreatif ah…

Ane sudah punya kebiasaan mengganti oli mesin sendiri, sejak.jaman dulu waktu miara Astrea 800. Tentunya dengan diajarin sama bapak dulu awalnya. Dulu Astrea 800 ane pake olinya Prima XP, yang setiap bulan ane ganti. Maklum mesin tua, perawatan juga harus istimewa.

Sekarang pake bebek Supra Fit, ane pakai oli Enduro 4T yang 800 ml, kalau yang racing kan 1 liter. Ane rasa udah cukup pake yang Enduro 4T biasa, mau pake yang racing nanti malah kebagusen. Ane biasa ganti oli sendiri. Biasanya di pagi hari setelah bangun tidur, pas kondisi mesin masih dingin, jadi nglepas bautnya aman.

Ganti oli pastinya akan menyisakan oli bekas. Nah oli bekas ini biasanya ane masukin ke botol kosong bekas oli yang udah ane tuang sebelumnya. Tadinya bingung terus mau diapain ini oli bekas. Akhirnya ya udah ane tutup lagi itu botol isi oli bekas, terus ane dobelin pake plastik biar gak tumpah kemana-mana, terus ane buang saja ke tempat sampah yang memang rutin diambil sampahnya sama tukang sampah pas pagi hari. Karena sudah di dobel plastik, oli jadi aman dan tidak tercecer bercampur dengan sampah yang lain. Terakhirnya sih ane serahkan ke tukang sampahnya, mau dikemanain itu oli bekas.

#salam satu aspal

Posted from WordPress for Android for Andromax E860 Layar Mungil

48 Komentar

  1. sama.. tp aku masih dilema… buang oli bekasnya dimana… terakhir dibuang sembarangan
    maklum kampung, gak ada tukang sampah, adanya cuma tempat pembuangan sampah sembarangan bersama…

    xixixixi

  2. woh, lha iki sumbere oli palsu. oli bekasmu kuwi didol neng pengepul, digodog, campur oli anyar sithik, dikemas, di dol meneh sebagai oli anyar neng bengkel/kios cilik pinggir dalan. trus mbok tuku, mbok tuang neng bak oline si MJ, hahaha…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*