Tips Memperpanjang Usia Baterai Handphone

image

SATUASPAL.COM – Bisa di bilang baterai itu nyawanya hape dan gadget yang lain. Mau secanggih apapun gadget yang kamu gunakan, kalau pas baterainya habis ya nggak bakal berfungsi. Kayak kemarin yang terjadi pada hape Andromax E860 ane, belum setahun baterainya udah ngedrop parah bahkan sampai hamil 9 bulan. Mungkin juga karena kesalahan ane sih dalam penggunaan yang kadang ngecas dalam kondisi nyala sambil terus diuthek-uthek.

Terus gimana sih biar baterai hape awet?? Kalau biar cintaku awet kamu hanya tinggal terlentang saja. #eh

Setidaknya ane punya delapan tips nih yang bisa dilakukan agar baterai hapemu awet.

1. Pengisian awal yang benar (khusus baterai baru)
Baterai baru akan terisi secara optimal setelah 2 sampai 3 kali pengisian dan pengosongan (2-3 kali circle). Lakukan pengisian baterai baru sampai penuh (tidak perlu memakan waktu hingga 6-8 jam), lalu gunakan hape hingga benar benar habis (1 siklus life circle), lakukan hingga 2-3 kali siklus, baru baterai tersebut akan mencapai titik optimalnya untuk menampung daya. Selanjutnya baterai dapat dilakukan pengisian sewaktu waktu (tidak perlu menunggu baterai habis/kosong).

2. Persingkat waktu pengisian.
Cara yang paling efektif melakukan pengisian yakni apabila ponsel dalam kondidi off/mati. Dan hentikan pengisian (cabut caz) jika baterai telah penuh.

3. Hindari copot sim atau baterai.
Hal ini akan meloading sistem ponsel dan akan melakukan pencarian sinyal operator. Pekerjaan ini membutuhkan daya yang sangat besar.

4. Matikan vibrator (jika dering aktif) dan lampu latar, bunyi yang tidak perlu, wifi, bluetooth (jika tidak digunakan).

5. Pastikan kamu di mode tertentu (GSM).
Hape 3G biasanya memiliki pilihan setingan jaringan GSM, dual mode dan 3G only. Jika kamu tidak sedang menikmati fasilitas 3G, sebaiknya gunakan mode GSM saja.

6. Jangan biarkan baterai habis (drained).
Jadi kalau hapemu sudah memberikan peringatan baterai lemah segeralah melakukan pengisian (jangan menunggu habis total).

7. Gunakan charger yang sesuai.
Gunakan charger yang sesuai spesifikasi hapemu.

8. Jaga suhu ponsel tetap dingin.
Jika suhu ponsel atau hapemu panas kemungkinan baterai melemah daya tahannya dan juga lebih cepat rusak.

Sekian postingan ane kali ini, semoga berguna om.

My contact__________________
Email : ekopurworejo@gmail.com
WA : 085 747 151 746

Posted from WordPress for Android Andromax E860

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*