Harga Ron 92 di Amerika lebih murah dari pada ron 88 di Indonesia

Ron 92 kalau di negara kita biasa dikenal dengan nama pertamax. Saat ini harga pertamax di Indonesia paling murah sekitar 8.800 rupiah. Sedangkan di Amerika harga bbm ron 92 saat ini hanya 7.200 rupiah perliter. Masih lebih murah daripada harga bensin ron 88 di negara kita yang mencapai 7.600 rupiah/liter.

Harga ron 92 di AS saat ini sekitar US $ 2.914/galon atau setara 7.200 rupiah/liter. Harga dasar sebelum pajaknya juga lebih murah dibanding bensin ron 88 di mari.

wpid-103154_premium3.jpg
Mengapa bisa demikian?

Kata Faisal Basri yang merupakan ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas, minyak Amerika itu berasal dari minyak mentah yang kualitasnya kurang bagus dan harganya murah yang biasa dibeli dari Teluk Meksiko, namun dengan adanya pabrik pengolahan minyak yang modern dan canggih, minyak tersebut dapat diproses sedemikian rupa menjadi bbm yang berkualitas baik.

Hal ini berbeda dengan di negara kita. Kilang minyak dinegara kita hanya bisa mengolah minyak yang light sweet yang harganya mahal. Faktor lain juga ada, seperti penentuan harga minyak di negara kita itu ditentukan satu bulan sebelumnya. Misalnya untuk Februari harga minyaknya berdasarkan harga rata-rata pada 25 Desember 2014 sampai 24 Januari 2015. Kalau harga minyak di Amerika tiap hari ganti, harganya selalu tergantung harga pasar.

Kesimpulannya kenapa bensin kita bisa lebih mahal dari pertamax di Amerika:

1. Bensin kita diolah dari minyak mentah berkualitas baik yang harganya mahal karena kita belum punya pabrik pengolahan minyak yang canggih yang bisa mengolah minyak mentah dengan kualitas rendah dan murah.

2. Harga bensin di negara kita harganya ditentukan dengan melihat harga rata-rata bbm sebulan sebelumnya, di Amerika selalu bergantung harga pasar saat itu juga.

credit: detik.com (Mase)

43 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*