Nyari SIM di Karanganyar

image

satuaspal.com – Nyari SIM nyok biar bisa berkemudi secara legal dan tenang dijalan. Seperti hari ini (16/01/2014), saya sengaja nggak masuk kerja dengan tujuan nyari SIM. Kalau SIM C sih udah punya dari jaman SMA (baca artikel saya yang lalu deh), ini sekarang nyari SIM A. Lumayan persiapan buat mudik lebaran tahun ini (insyaAllah) dimana anggota keluarga saya sudah bertambah dengan hadirnya si kecil. Diharapkan jika mudik pake mobil nanti si kecil bisa nyaman di perjalanan (aamiin).

Gimana cara dan apa saja syaratnya?!

Alhamdulillah saya nyah udah jadi warga Karanganyar, jadi nggak perlu mudik dan ngurus SIM di Purworejo (jauh je.. empat jam perjalanan dengan motor).

Jadi syaratnya..  sertifikat nyetir (kalo punya), terus sama foto kopi KTP 6 lembar, dimasukin stopmap.

image

Urut urutannya:
1. Tes kesehatan.
Di Karanganyar lokasinya ada di sebelah timur Polres, sebelah baratnya bank BRI.

Nunggu antrian dulu, nanti akan dipanggil namanya. Terus ditanya berat badan, sama tes mata liat ke kertas yang ada angka angkanya sama suruh liatin huruf dari jarak jauh pake satu mata. Dah gitu aja, bayar 25 rebu.

2. Membayar di bank BRI.
Dari tes kesehatan kan dapat kertas satu lembar yang menyatakan sehat. Masukin kertas ke dalam stopmap yang di dalamnya sudah berisi sertifikat nyetir dan foto kopi KTP tadi. Terus antrikan di teller bank (mbaknya ramah, cantik, lembut, dan seksi je).

Nunggu dipanggil, terus nanti bayar sesuai tarifnya. Kalau saya SIM A baru jadi tarifnya 120 rebu.
Kalau perpanjang murah cuma 75 rebu.

3. Ke loket pendaftaran SIM
Dapet kuitansi pembayaran dari bank terus masukin ke dalam stopmap tadi. Baya stopmap beserta isinya ke bagian Pendaftaran. Nunggu di panggil lagi.

Loket pendaftarannya ada di dalam. Masuk ke kantor Polres langsung mentok aja ke belakang… nah nanti belok kanan…cari deh loket nomor 1. Jangan lupa tulis nama dan alamat di stopmap.

4. Tes tertulis.
Nah nanti nama akan dipanggil untuk mengikuti tes tertulis. Langsung saja masuk ke ruang Pencerah, di sana tesnya.

Jumlah soalnya ada 30 soal pilihan ganda. Waktu pengerjaannya 30 menit. Jadi satu soal satu menit. Tidak boleh salah lebih dari 9 soal… kalau lebih bakal nggak lulus.

5. Tes praktik.
Kalau lulus tes tertulis, selanjutnya tes praktik. Kalau di sini praktiknya pake mobil GrandMax. Lokasi tesnya dibelakang gedung polres, di sana sudah ada treknya yang siap di hajar.

6. Foto.

Kalau kamu datang jam 8, perkiraan jam 11an sudah selesai… eh kadang nunggu fotonya yang lama ding.

Ya wes segitu aja pengalaman saya membuat sim A di polres Karanganyar. Semoga berguna. Ayo bikin SIM!!! (Mase)

image
Tarifnya sesuai kok sama diatas.

Kontak Me :
Email: motorsport150@gmail.com
WA : 085 747 151 746

Posted from WordPress for Android Andromax E860

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*