JATENGMOTOBLOG Touring Merdeka #2 : Part III Candi Gedong Songo Nan Eksotis

Salam aspal gronjal gann. Dan touring pun di mulai…

image

Setelah menikmati segelas kopi hangat di rumah Om Imam (khoirulimamudin.info), akhirnya, sekira jam 0830 kami berangkat. Kalau tidak salah ada sekira 7 motor yang sebagian juga berboncengan.

Kami susuri aspal Boyolali, Salatiga, Ambarawa, hingga ke lokasi sekira 2 jam-an perjalanan (cmiiw). Om Imam sebagai RC, diikuti peserta touring dan dibelakang sendiri Ki Salim (aromarpm.com) sebagai sweeper. Motor di gas lumayan santai di angka 70-80 kpj.

Dari Ambarawa menuju Candi Gedong Songo di dominasi jalanan menanjak dan berkelok. Dengan kemiringan hingga 40 derajat. Untungnya aspalnya halus. Sempat sesekali Supra Fit saya berjalan di gear 1 kala menemui tanjakan yang semlohai. :mrgreen:

Di SPBU sebelum memasuki daerah Candi Gedong Songo rombongan touring bertambah 2 orang. Kami ketemu Om Bimo (blog e opo yo), dan Om Riski (rpmsuper.com). Dan perjalanan dilanjut…

Setelah bercumbu dengan beberapa tanjakan dan kelokan, jatengmotoblog tiba juga di area parkir Candi Gedong Songo. Horeee!!! Dan kami berfoto.

image

Tidak lupa ngisi BBM aka bahan bakar manusia dulu, maklum saja dari Karanganyar belum sarapan.
image

^ nasi + sayur nangka + sayur daun singkong + kerupuk 1 + teh hangat = Idr 12.000 saja

Di sini rombongan bertambah lagi. Kami kedatangan pak guru agama penunggang TVS Apache hasil hadiah :mrgreen: siapa lagi kalau bukan Om Arya Wiguna (sukarodadua.com).

image

^ beli tiket dulu Idr 7.500 saja

Setelah tiket ditangan kami pun masuk ke lokasi.

image

^ candi gedong songo

Menurut wiki,
Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan
Bandungan, Kabupaten Semarang , Jawa Tengah , Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran . Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.

Mungkin dulunya memang ada 9 candi tapi sekarang hanya ada 5. Dan candi Gedong V ini adalah puncaknya.

image

^ horee jatengmotoblog nyampe puncak

Jadi candi yang jumlahnya 5 itu lokasinya saling terpisah. Dibutuh extra effort dan stamina kuda untuk bisa menyusuri kelimanya. Kakimu harus mampu membawa beban tubuhmu sendiri untuk menanjaki puluhan anak tangga dan menyusuri jalan beton berkilo-kilo meter. Eh kalau kakimu nggak sanggup di sana juga tersedia banyak kuda untuk di sewa ding.

image

Efek di kaki saya baru kerasa setelah 1 hari. Pas bangun tidur dibelakang lutut rasanya nyeri… njarem semua… Tapi sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya bisa nyampai puncak (candi Gedong V).

image

Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo . Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C) -wiki-

Tapi menurut saya sekarang suhunya sudah berbeda, buktinya kemarin pas kami naik sekira jam 1130 wib terasa sangat panas.

image

Apa saja kamu dapatkan di Candi Gedong Songo:
– ada candi yang jumlahnya 5 dengan jarak saling berjauhan
– lokasi candi ada di atas bukit
– pemandangannya menakjubkan
– ada pemandian air panas cukup Idr 5.000
– ada fasilitas sewa kuda dengan Idr 75.000 kalau ta mau capek

image

Minusnya :
– jalanan setapak yang menghubungkan antar candi bau tidak sedap karena banyak tai kuda berserakan
– banyak orang pacaran, kamu kalau jomblo kesini bakal gigit jari, ngiler

image

Eh  ketemu jg sama Om Aziz (warungdohc.com) sama Om Ucup (traktordohc.com)
image

image

image

image

Bersambung… (Mase)

Related post:
[display-posts tag=jatengmotoblog]

Diketik dan dipublikasikan melalui Andromax E860

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*