Iklan
jump to navigation

Mobil Kursus Nyetir Nabrak, Yang Tanggungjawab Ya Instruktur 21 September 2015

Posted by Mase in safety riding.
Tags: , , , ,
trackback

satuaspal.com. Sering kan ya kita pas riding terus jalanan tiba-tiba agak tersendat gitu, lah jebul di depan kita sedang ada mobil dari kursusan nyetir yang sedang dipakai siswanya belajar nyetir, dan biasanya jalannya tu pelan-pelan.

image

^ sumber gambar https://agussunu.wordpress.com/

Nah, kira-kira kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misal sang siswa menyenggol kendaraan lain gitu sampai rusak, itu yang tanggungjawab siapa ya… Via kompas otomotif ane mendapat pencerahan.

– Kursus atau sekolah mengemudi sebagai tempat pendidikan dan pelatihan sebenarnya sudah diatur oleh negara lewat Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal 77 ayat 3.

– Pasal 77 ayat 3 ini menerangkan, untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) calon pengemudi harus punya kompetensi mengemudi yang bisa didapat dari pendidikan dan pelatihan atau belajar sendiri.

– Pasal 79 ayat 1 menerangkan calon pengemudi boleh belajar sampai mengikuti ujian praktik di jalan namun dengan syarat wajib ditemani instruktur atau penguji.

– Pasal 79 Ayat 2, instrukturlah yang bertanggung jawab bila terjadi pelanggaran atau kecelakaan saat calon pengemudi sedang belajar atau menjalani ujian.

– Jadi, jika mobil kursus terlibat kejadian merugikan ketika berlalu lintas, maka yang harus dimintai pertanggunggjawaban adalah instrukturnya.

Nah semoga bisa jelas nih. Yang jadi instruktur tentu orang yang sudah kompeten dan harus selalu sigap dalam mengajari dan mengawal anak didiknya. Biasanya ada tempat kursusan yang sudah memodif mobil yang digunakan untuk belajar dengan menambah tuas gas dan rem di tempat duduk sebelah sopir. Kalau kursusan yang pernah ane ikuti sih gak ada tuas tambahan gitu… Jadi pas jalan kendaraan ane kurang pas, sang instruktur paling langsung ngrebut setiran dari tangan ane. Hihihi… (Mase)

image

^ nyimak

Sumber: http://m.kompas.com/otomotif/read/2015/09/20/090231915/Disenggol.Mobil.Kursus.Mengemudi

Posted from Andromax 4G LTE

Iklan

Komentar»

1. fajarsololovers - 21 September 2015

Pas ane kursus dulu juga tanya gitu gan,,yang tggjwb kalo ada ap2 emg instrukturnya….
Kita mah terima beres aja…

https://dobelstater.wordpress.com/2015/09/21/truk-pertamina-terperosok-ke-parit/

Mase - 21 September 2015

Wah cocok berarti

2. ongolongol - 21 September 2015

aku mau menabrak kamu boleh tidak? nanti aku tanggung jawab dech dik
http://ongolongol.com/2015/09/21/junita-jane-wauran-camat-wanita-tercantik-di-indonesia/

Mase - 21 September 2015

Lek kamu modus ya lek

ongolongol - 21 September 2015

ampun lek, itu judulnya siapa yang bertanggung jawab. Ane mau kok bertanggung jawab sama dedeknya itu #eh

Mase - 21 September 2015

welehhhh… Ngoahagaga…

3. motomazine - 21 September 2015

Paling bawah saya mau ngrebutin 😀

4. danisubject - 21 September 2015

biasanya kan udah ada rem tambahan buat instruktur … menghindari hal yang ga di inginkan

Mase - 21 September 2015

iya.. tapi ane blm ktm yg kayak gitu

danisubject - 22 September 2015

mungkin belum ada di Indonesia .. tapi sistem kayak gini … udah jadi standar kayaknya di luar … gimana nggak . kalo pengemudi nya salah nginjak rem ke gas gimana . bahaya kan tuh

Mase - 23 September 2015

sudah ada kok, sebagian kecil

5. cadoxs - 21 September 2015

Jarang kejadian rem ma gas pedalnya dobel kok ma bangku sebelah sopir

Mase - 21 September 2015

oh jarang ya mbah cad.. ane juga blm pernah nemuin..

cadoxs - 21 September 2015

Disini hampir semua buat ngurangin semua resiko

6. rezawarblo27 - 22 September 2015
Mase - 22 September 2015

lha iya betul itu

7. mas huda - 22 September 2015

instrukturku adalah mertuaku sendiri… Alhamdulillah lancar

Mase - 22 September 2015

alhamdulillah gratis


Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

Bakul Kangkung Jpr

let's talk motorcycles and bikers

Adhikarta.Net

All About Otomotif dan Kulon Progo

imotorium

Info Otomotif | Bus | Mobil | Motor | Aviasi | Wisata | Gadget

terasmalam

Menikmati Malam Di TERASMALAM

Putri Avionitami

Tak ada yang salah dalam hidup hanya orang - orang yang tak ingin berkemauan keras untuk mencapai tujuan hidup

Mila Sakinah

ALLAH selalu ada bersama ku😇

Dian Farizka

To be the star

Anita Firdaus

Keberhasilanku diraih karena usahaku

%d blogger menyukai ini: