Mobil Kursus Nyetir Nabrak, Yang Tanggungjawab Ya Instruktur

satuaspal.com. Sering kan ya kita pas riding terus jalanan tiba-tiba agak tersendat gitu, lah jebul di depan kita sedang ada mobil dari kursusan nyetir yang sedang dipakai siswanya belajar nyetir, dan biasanya jalannya tu pelan-pelan.

image

^ sumber gambar https://agussunu.wordpress.com/

Nah, kira-kira kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misal sang siswa menyenggol kendaraan lain gitu sampai rusak, itu yang tanggungjawab siapa ya… Via kompas otomotif ane mendapat pencerahan.

– Kursus atau sekolah mengemudi sebagai tempat pendidikan dan pelatihan sebenarnya sudah diatur oleh negara lewat Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal 77 ayat 3.

– Pasal 77 ayat 3 ini menerangkan, untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) calon pengemudi harus punya kompetensi mengemudi yang bisa didapat dari pendidikan dan pelatihan atau belajar sendiri.

– Pasal 79 ayat 1 menerangkan calon pengemudi boleh belajar sampai mengikuti ujian praktik di jalan namun dengan syarat wajib ditemani instruktur atau penguji.

– Pasal 79 Ayat 2, instrukturlah yang bertanggung jawab bila terjadi pelanggaran atau kecelakaan saat calon pengemudi sedang belajar atau menjalani ujian.

– Jadi, jika mobil kursus terlibat kejadian merugikan ketika berlalu lintas, maka yang harus dimintai pertanggunggjawaban adalah instrukturnya.

Nah semoga bisa jelas nih. Yang jadi instruktur tentu orang yang sudah kompeten dan harus selalu sigap dalam mengajari dan mengawal anak didiknya. Biasanya ada tempat kursusan yang sudah memodif mobil yang digunakan untuk belajar dengan menambah tuas gas dan rem di tempat duduk sebelah sopir. Kalau kursusan yang pernah ane ikuti sih gak ada tuas tambahan gitu… Jadi pas jalan kendaraan ane kurang pas, sang instruktur paling langsung ngrebut setiran dari tangan ane. Hihihi… (Mase)

image

^ nyimak

Sumber: http://m.kompas.com/otomotif/read/2015/09/20/090231915/Disenggol.Mobil.Kursus.Mengemudi

Posted from Andromax 4G LTE

Iklan

18 pemikiran pada “Mobil Kursus Nyetir Nabrak, Yang Tanggungjawab Ya Instruktur

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s