Meriahnya Suasana Malam Tahun Baru Cina di Pasar Gede Surakarta

satuaspal.com – Perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina di tahun 2016 ini jatuh hari Senin tanggal 08 Februari. Dan tahun ini masyarakat Tionghoa memasuki tahun 2567 yang mana disebut sebagai tahun monyet.
image
Penanggalan Cina sendiri dihitung dengan mengamati perputaran matahari dan juga perputaran bulan atau disebut juga lunisonar. Nah jika di compare dengan kalender Masehi biasanya tahun baru Cina akan datang di antara bulan Januari dan Februari.

Kini perayaan tahun baru Cina atau biasa disebut Imlek menjadi hari libur nasional berdasarkan Keppres No 19/2002. Imlek sendiri mulai dirayakan sebagai hari libur nasional di Indonesia sejak tahun 2003. Dahulu perayaan Imlek di Indonesia dilarang oleh pemerintah. Setelah Gus Dur berkuasa barulah perayaan Imlek ini diperbolehkan dan malah ditetapkan menjadi hari libur nasional.
Di kota Solo/Surakarta perayaan Imlek dipusatkan di satu titik yakni di kawasan Pasar Gede. Yang mana di kawasan ini memang banyak dihuni oleh keturunan Tionghoa. Penasaran dengan kemeriahan perayaan Imlek di Pasar Gede ini? Berikut ada foto-foto kemeriahan perayaan Imlek di Pasar Gede yang diabadikan oleh Bp. Sumartono.
image
image
image
image
image
image
Tidak hanya warga keturunan Tionghoa saja yang berkerumun namun terlihat semuanya berbaur baik itu warga keturunan maupun masyarakat lainnya. Nah semoga yang seperti ini tetap lestari, selalu tercipta kedamaian karena kita satu Indonesia.
Sekian salam satu aspal. Gong Xi Fa Cai… (mase)
[display-posts tag=wisata]
==========================
Pemirsa punya info seputar otomotif (atau apapun) yang ingin di share di satuaspal.com? Hubungi saja kontak Mase di bawah ini.
√ Email : motorsport150@gmail.com
√ Whatapps : 085747151746 (no sms or call)
√ BBM : 5A1F7DBC

23 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*