Yamaha Mio 110 karburator: servis, ganti busi, ganti oli, dan ganti tutup oli

satuaspal.com – Yamaha Mio 110 karburator: servis, ganti busi, ganti oli, dan ganti tutup oli.

image

Ceritanya merawat tunggangan nih om. Yap kemarin saya utak atik Yamaha Mio 110 karburator yang juga akrab disebut mio smile ini.

1. Ganti busi

image

Ternyata melepas busi metik tidaklah semudah melepas baju janda sebelah om. :mrgreen: Pertama-tama yang dilakukan adalah membuka cover mesin, bagian plastik yang berwarna hitam yang ada dibelakang kaki saat kita naikin itu.

Pada Yamaha Mio 110 karburator ada 4 baut yang musti dibuka. Dua baut ada di dek bawah dan dua lagi ada di samping bawah jok atas (mbulet…) wes pokoknya disitulah lokasinya.

Setelah terbuka covernya lantas lepas kabel businya, lumayan agak susah juga, gunakan obeng untuk mencungkil kabelnya kalau memang butuh alat sih. Letaknya busi ada di mesin sebelah kanan, siapa tahu ada yang bingung.

Untuk mencopot busi gunakan kunci busi yang panjang karena busi metik letaknya menjorok ke dalam, beda sama letak busi bebek yang memang kelihatan keluar gitu.

Gunakan busi rekomendasi pabrik atau terserah kamu. Saya pakai busi NGK serinya lupa, pokoknya sesuai dengan busi sebelumnya. Harganya kalau tidak salah Rp 11.000.

2. Ganti tutup oli pengisian dan pembuangan

image

image

image

Tutup oli pembuangan sempat rusak bentuknya menjadi lingkaran karena salah memutar dan terus dipaksakan saat akan melepasnya. Kelakuan adek saya tuh.

Sedang tutup oli pengisian celah lubang untuk tempat obengnya saat membuka juga sudah pada nggak jelas lagi bentuknya. Lagi-lagi kelakuan adek saya tuh.

Untungnya part ini harganya cukup murah. Keduanya bisa ditebus seharga Rp 30.000 saja di bengkel umum. Kalau dilihat dari kemasannya sih kayaknya asli Yamaha.

3. Ganti oli

image

Saya memilih tetap menggunakan oli yang halal (baca: resmi) saja, Yamalube Matic botol warna gold. Harga Rp 31.000 (kalau nggak salah).

4. Servis di bengkel resmi

image

Karena disiapkan untuk touring hampir 200 km sebaiknya diservis dulu. Saya mampir ke bengkel resmi Yamaha Mataram Sakti Purworejo saja. Bayar Rp 45.000.

Sekian perawatan Yamaha Mio 110 karburator yang telah saya lakukan hari Senin tanggal 27 Juni 2016 kemarin. Cuma baru itu yang saya lakukan, padahal mekanik beres sudah bilang kalau kampas rem depan belakang sama filter udara juga sudah saatnya diganti. Next time dech… nunggu ada duit…

Salam satu aspal gasssspoooolllll om… (mase)

Iklan

31 pemikiran pada “Yamaha Mio 110 karburator: servis, ganti busi, ganti oli, dan ganti tutup oli

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s