10 Tips mudik by satuaspal.com

satuaspal.com – Nih ada 10 Tips mudik by satuaspal.com yang akan saya bagi ke para pemirsa.

image

Mudik sepertinya hukumnya memang wajib ya om, tentu saja bagi yang mampu sih. :mrgreen: Saat lebaran kumpul bareng sanak saudara dan orang tua tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan.

Di momen lebaran seperti ini biasanya orang tua selalu mendambakan kehadiran anaknya. Apalagi kalau sudah punya cucu, pasti tu cucu sangat amat sangat diharapkan kehadirannya.

Nah bagi yang mau mudik naik sepeda motor saya punya beberapa tips yang yah siapa tahu bisa berguna sih… 😆

1. Yang pertama dan utama kamu harus menyiapkan mental dan fisikmu. Pokoknya jangan begadang sebelum mudik biar diperjalanan nggak ngantuk. Kalau kondisi badanmu lagi kurang fit, tunggu hingga benar-benar sehat, karena mudik pakai motor itu butuh tenaga yang tidak sedikit. Selain akan menemui macet yang bikin emosi jiwa, kamu juga akan berjibaku melawan cuaca.

2. Pastikan motor dalam kondisi prima dan siap tempur. :mrgreen: Sebelum mudik motor terlebih dulu bisa kamu bawa ke bengkel buat di servis, ganti oli, cek kelistrikan, cek ketegangan rantai, cek busi, cek tekanan ban, cek alur ban, cek rem, cek kopling, cek isi tangki #eh.

3. Persiapkan kelengkapan kendaraan. Kelengkapan kendaraan seperti STNK dan SIM jangan sampai tertinggal. BPKB tidak perlu dibawa misal kamu tidak berniat untuk menjual motormu pas mudik di kampung. 😆

4. Bawa jas hujan. Nah sekarang-sekarang cuaca sedang tak menentu, kadang cuaca panas tapi bisa tiba-tiba turun hujan. Pastikan kamu membawa jas hujan kalau kamu bukan pawangnya.

5. Jangan puasa dulu saat mudik. Saat mudik status kamu menjadi seorang musafir dan Allah SWT telah memberikan keringan untuk meninggalkan puasa bagi para musafir ini, jadi manfaatkanlah agar tubuhmu terjaga staminanya, tentu dengan mengganti puasa dilain hari ya.

6. Istirahatlah setiap 2 jam perjalanan. Saat mudik lebaran seperti ini, berbagai instansi ataupun ormas-ormas beramai-ramai membuat posko mudik di jalur yang dilalui oleh para pemudik. Posko tersebut bukan saja tempat tongkrang tongkrong mereka lho, namun posko-posko tersebut juga disediakan sebagai tempat istirahat untuk para pemudik. Jadi jangan takut untuk mampir di posko mudik ya. Pastikan kamu mampir di posko yang ada tempat istirahatnya, ada musholanya, ada tukang pijitnya, ada makanan gratisnya, ada jandanya yang ngantri untuk dinikahi. 😆 Selain di posko mudik kamu juga bisa memanfaatkan SPBU untuk istirahat dan juga sholat.

7. Jika merasa kurang enak badan pas diperjalanan segeralah mampir di posko kesehatan yang biasanya juga banyak tersedia di jalur mudik.

8. Bawa toolkit ringan, misal kunci busi, obeng, dan yang seperlunya untuk mengantisipasi motor rewel dalam keadaan darurat.

9. Mampir bengkel kalau dirasa motormu ada sesuatu yang kurang membuat nyaman, pastikan mekanik untuk mengeceknya dan mendapatkan penyelesaian masalahnya.

10. Pantau  volume bbm di dalam tangki. Jangan sampai kehabisan bbm di jalan, capek lho ndorong motor apalagi kalau pas cuaca panas.

Sekian tips mudik dari satuaspal.com untuk pemudik bersepeda motor, semoga bermanfaat bagi umat. 😎 Salam satu aspal gasssspoooollll… (mase)

Iklan

25 pemikiran pada “10 Tips mudik by satuaspal.com

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s