Sholat taraweh terakhir di tahun ini

image
sholat taraweh terakhir di 2016
Asli mase baru nyadar kalau yang tadi itu sholat taraweh yang terakhir di bulan Ramadhan 1437 H ini. Nyadarnya pas yang menyampaikan kultum bilang, “ini taraweh terakhir jadi kultumnya agak panjang nggak papa nggih…”. Kultum yang biasanya selesai tepat pukul 19.30 pun jadi mundur di pukul 19.45.

image
yang penting di akhirnya
Nah yang menyampaikan kultum pun juga bilang, “yang penting itu di bagian akhirnya”. Mungkin kalimat tersebut muncul saat melihat jamaah sholat taraweh yang ramai. Pas hari pertama ramadhan jamaah sholat isha dan taraweh mencapai 4 soff (gimana ya nulisnya), nah kemarin dipertengahan sempat mengalami kemajuan hingga 2 soff. :mrgreen: Uniknya malam ini kembali ke posisi awal, 4 soff.
image
pendakwah yang nyeleneh
Kemarin beberapa hari yang lalu ada pengisi kultum yang cukup nyeleneh. Niatnya sih memberi motivasi kepada jamaah agar tidak meninggalkan sholat meski sesibuk apapun, yang diceritakan apa yang pendakwah ini biasa lakukan agar tidak meninggalkan sholat. Seperti menjamak sholat ketika njagong/kondangan manten, padahal yang punya acara cuma tetangga dekatnya, alias tidak dalam perjalanan jauh. Yang nyleneh lagi dan kontroversial bikin jamaah mau ngamuk saat pendakwah ini bilang, biasa menjamak sholat ashar dan magrib saat di perjalanan. Hahaha.. koplak bener.. sontak peserta kultum pada berontak, ada yang meminta si pendakwah tersebut agar segera tobat. Tapi dasar pendakwahnya sudah tua dan kolot, susah dibilangin.
image
minal aidzin walfaidzin
Menurut prediksi (walau sidang sedang dilakukan) 1 syawal tahun ini akan tiba di hari rabu besok atau tanggal 6 juli 2016. Ramadhan hampir meninggalkan kita, semoga kita dipertemukan kembali dengan ramadhan di tahun-tahun berikutnya. Semoga semua ibadah yang kita lakukan dipuasa ramadhan tahun ini tidak ada yang hanya mendapatkan lapar dan dahaga walau seharipun. Dan semoga kita semua bisa kembali ke fitri… kembali suci di hari raya idul fitri… aamiin…
SATUASPAL.COM minta maaf lahir batin sebesar-besarnya jika terdapat salah dan khilaf dalam menyampaikan artikel maupun dalam berkomentar selama ini. Taqabalahumina waminkum taqabal ya kharim… Selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. (Mase)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*