Tiket kereta api prameks tidak bisa dipesan secara online, begini caranya pesan di stasiun

image
mulai 13 juni 2016 tiket kereta api prameks bisa dipesan
Nah mulai 13 juni 2016 yang lalu tiket kereta api prameks aka prambanan ekspress bisa dipesan, sebelumnya mah kagak. Sebelumnya untuk mendapatkan tiket kereta api prameks cuma dilayani secara go show. Misal kereta berangkat jam 8.00 maka pembelian tiketnya dilayani dari jam 5.00, artinya loket dibuka 3 jam sebelum keberangkatan. Itu teorinya, kadang prakteknya mah sak karepe petugas lokete, misal bangunnya kesiangan atau pas lagi mager, loket mah dibuka jam 7.00 aja bisa.

tiket prameks tidak dijual secara online
Tidak seperti kereta api yang lain, untuk kereta api prameks ini (yang melayani rute Solo – Yogyakarta – Kutoarjo dan sebaliknya) tiketnya tidak pernah dijual secara online. Nggak percaya… situ cek ajalah…
begini prosedur pesan tiket kereta api prameks di stasiun
Karena tidak bisa dipesan secara online, maka pembelian dan pemesanan tiket kereta api prameks cuma dilayani di stasiun. Misal di stasiun Solobalapan, Purwosari, Klaten, Bandara, Lempuyangan, Tugu, Wates, Jenar, dan Kutoarjo.
prosedur pemesanan tiket kereta api prameks kayak gini lho
Nah bagi calon penumpang yang belum pernah melakukannya pasti bingung. Pemesanan tiket tidak sesimple pembelian tiket go show yang cuma datang langsung dapat (kalau pas nggak pakai ngantri).
Sebagai contohnya mase coba memesan tiket prameks di stasiun solobalapan. Ternyata loket pembelian tiket kereta api prameks sekarang dipindah, baik itu mau go show ataupun pesan.
Lokasinya ke kiri setelah kamu masuk lobi stasiun solobalapan, menempati bangunan baru di dekat tempat parkir. Kalau mau pesan begini caranya.
1. Ambil formulir pemesanan tiket kereta api.
image
Bentuk formulirnya sama dengan formulir pemesanan tiket kereta api jarak jauh. Begini kalau kurang jelas.
image
Yang diisi di form :
– nama pemesan
– nama dan no ktp penumpang
– isi data perjalanan (nama kereta, stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal dan jam berangkat, bisa sekaligus pesan tiket pulang pergi lho)
– jangan lupa tanda tangan
2. Minta nomor antrian
Minta nomor antrian ke petugas security di sekitar loket ataupun di sekitar tempat pengisian blangko. Suka pindah sekareppe dewe orangnya.
3. Nunggu nomor antrian dipanggil
image
Petugas stasiun sudah menyefiakan ruang tunggu berkursi dan juga lesehan :mrgreen: Fasilitasnya ada kipas angin dengan semburan air tipis-tipis, kursi besi, dan LCD TV.
4. Menuju ke loket 3
image
Khusus untuk pemesan tiket kereta api prameks kamu akan dipanggil di loket 3. Perhatikan nomor antrian yang dipanggil di layar LCDnya. Loket no 4 untuk pemesanan tiket kereta api jarak jauh. Loket 2 untuk pembatalan pemesanan atau mau ubah jadwal. Loket 1 untuk penjualan tiket prameks secara go show. Ini sekaligus meralat artikel yang kemarin, ternyata hari ini nomor loketnya sudah diaesuaikan… good job PT KAI…
5. Ya udah pulang kalau udah dapat tiket
Tarif tiketnya sendiri tidak ada yang berbeda dengan tarif go show. Usahakan di bayar jangan ngutang. Ati-ati mbaknya cantik, jangan tergoda. 😆
Ini mase dua kali datang ke stasiun solobalapan. Kemarin beli buat mudik, sekarang beli buat balik. Mau sekalian beli kemarin belum boleh karena tanggal baliknya belum 7 hari maksimal.(mase)
[display-posts tag=prameks]

59 Comments

  1. Pengalaman saya kemarin mengantre tiket prameks jurusan YGY TUGU dari Kutoarjo… Datang jam 10.30 baru dapet tiket jam 15.00… Itu pun yang untuk besoknya sudah habis. Jadinya kedapatan yang tiket untuk lusa. Sekarang malah dipersulit. Jadi tambah ribet rasanya.

  2. Eh iya bener juga, kalau mau dadakan malah rempong tuh, bakalan gak kebagian tiket lagi.
    Dan bener juga, naik angkutan umum memang rempong, kebanyakan buang2 waktunya. Suip semoga di dengar pt kai.

  3. assalamualaikum…. slm satu aspal …saya dari kebumen..rencana saya mau ngajak istri+anak jalan2 naik kereta Prameks hari sabtu besok tgl 16 juli 2016. tp setelah saya baca2 koment di atas , kok sy jd rada males ya… misal saya mau naik kereta prameks dari kutoarjo pkl. 08.45,-. dari kebumen saya harus berangkat jam berapa??? biar dapet nomer antrian??? ngeriii….klo udah berangkat waktusubuh dari rumah,, klo ujung2 nya ga kebagian ticket… ya newsuuu ….!!! ada saran????

  4. Saya bulan april lalu pertamakali naik prameks dari solo ke jogja rencana sampe jogja pagi malah dapet tiket siang .sekarang enak bisa dipesan jadi klo pulang kesolo mau maen ke jogja ga deg2an dapet tiket yang terlalu siang.info yang berguna kak!

  5. Terima kasih info nya. Berguna banget. Tapi ya ada plus minus nya ya, kalo dadakan jadi ngga bisa dapet tiket. Btw, kalo pesen 3hari sebelum keberangkatan bisa kan ya? Itu maksimal 7hari sebelum keberangkatan kan?

  6. Thanks gan infonya, rencananya pagi ini mau naik prameks, tp setelah baca ini kyknya gk jd deh, soalnya dadakan, apalagi klo hari minggu, pst dah hbis tiketnya,…br tau klo pesen tiket bs 7 hr sblm hr H,…klo liat komen2 mas2 e td kyknya susah klo mau dpt tiket dadakan,…
    Btw ini berlaku untuk kereta prameks aja ato semua kereta yg jurusan ke jogja, misal sriwedari…?

  7. Hallo,
    Rencana saya mau ke Yogyakarta dari Bandung ke Yogyakarta, naik Kutojaya Selatan biar hemat (backpacker), berhenti di stasiun kutoarjo. Dari kutoarjo bakal naik Parameks. Perkiraan sampe St Kutoarjo jam 4.30. Apakah saya bisa langsung dapat beli tiket untuk ke Yogyakarta ga ya. Mohon dibantu. Terimakasih

  8. Semakin hari kog tambah ruwet dan tdk semakin dipermudah transportasi di Indonesia. Jaman sy kuliah beli tiket kreta prameks tinggal beli aja lgs cusss skrg kog pake ngantri segala berjam2. Klo go show blm tentu dapat tiket krn skrg kuota dibatasi. Gimana ni PT KAI….tolong donk sistem nya jgn diperumit sendiri.

  9. sayang g bisa beli online jadinya tiap hari sabtu ngantriii berjam jam untuk dapetin tiket seminggu ke depan itu saja sering ga dapet yg untuk hari senin.hmmmm kudu very2 suabaar..maklum tiket murah.mudah-mudahan ke depan ga lama lagi) harapanku bisa dibeli ol..

  10. Ada yg bisa dititipin beliin gak ya mas?
    Saya sama Temen mau trip ke yogya minggu ini dari jakarta, cuma kita mau plesiran dulu ke solo…
    Kalo pake ngantri beli tiket nya pas hari H, nanti malah ga dapet.. hiks..

  11. penak iku mas pemesanan tiket kereta jarak jauh sama pemesanan pramek dipisah loketnya. Lah di stasiun klaten lokete ada 3 tp yang dipake cuma 2, sijine kosong mlompong ra melayani. loket 2 antrian go show, loket 1 pemesanan tiket kereta jarak jauh plus pemesanan prameks. Dadi yo uantrine masyaAllah banget ngono kae, opo meneh yen kereta jarak jauh pelayanane suwi yen jadwal seng dipilih kosong ndadak anyang2an sek kr klegane… gur pesen pramek war antri jam 11 bali jam 4 kadang malah punjul..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*