SIM wajib dimiliki oleh pengendara, tapi nyarinya kayak dikerjain

image

Berkendara, surat ijin mengemudi harus ada

Sesuai dengan undang undang yang berlaku di Indonesia, setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor baik sepeda motor ataupun mobil hukumnya wajib memiliki surat ijin mengemudi atau SIM. Dan tentu saja SIM yang dimiliki harus sesuai peruntukannya, misal SIM C untuk mengendarai sepeda motor, dan jenis SIM yang lain.

Cari SIM tidak gampang, seperti dikerjai

Dan ternyata, faktanya di lapangan, cari SIM itu tidaklah gampang. Yang mase maksud “cari” di sini bisa bikin ataupun perpanjangan ya… Cari SIM tidak hanya butuh umur yang cukup, kalau tidak salah minim 17 tahun. Selain itu juga harus mengikuti persyaratan yang lain, seperti tes kesehatan mata, yang cuma kayak gitu saja bayarnya nggak sebanding, mahal. Terus tes tertulis, yang kalau diikuti pasti gagal. Dan terakhir tes praktek, yang harus lulus tes tertulis dulu sebagai syaratnya.

Marak pungutan liar

Selain petugas, ruang pendaftaran, dan ruang tunggu yang terkadang tidak memadai, kadang kita juga dikerjai dengan berbagai pungutan liar. Seperti akhir-akhir ini yang lagi marak… untuk perpanjangan SIM C saja harus menunjukkan sertifikat, entah sertifikat apa, yang jelas harganya tidak murah, kalau di Purworejo 80 ribu rupiah persertifikat… yang anehnya sertifikat tersebut dikeluarkan atau di print oleh kios fotokopi yang di tunjuk oleh Satlantas. Aneh bukan…

image

image

image

image

image

image

image

image

Kok jadi menakutkan gini… Mana tahun depan mase mau mutasi SIM C pula…

Iklan

37 pemikiran pada “SIM wajib dimiliki oleh pengendara, tapi nyarinya kayak dikerjain

  1. Gt juga dgn stnk, mau ambil formulir gesek aja suruh bayar 25rb, ambil bpkb suruh beli sampul cover 10rb, padahal kan harusnya gratis wong nyatanya gak ada kuitansinya…smg pak Tito bisa memberantasnya…jd tolok ukur keberhasilan Kapolri batu sangat mudah, jika sdh gak ada pungli berarti kepemimpinannya berhasil, cmiiw

  2. awasss hati-hati… artikele menyudutkan pihak tertentu. Ngko isoh di tuntut ke Meja hijau.. karena perbuatan yang tidak menyenangkan…. kuaaappoookkk koweeee

  3. Lah yg tes praktik, ngelewatin cone berpola pake motor pak pol, jarak antar cone nya sempit dan polanya lebih ribet dari riding pola macetmacetan. Kaya pola stuntman motoran wkwkwk

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s