Review penggunaan oli (sesat) Pertamina Fastron Diesel pada Yamaha Jupiter Z


Lagi-lagi sebuah review oli sesat yang masuk ke WA saya. Kali ini dari seorang teman dekat, bahkan dekat banget karena om Fajar ini meja kerjanya ada di samping meja kerja saya di kantor. Via WA om Fajar berbagi pengalaman kepada kita semua, pengalaman tentang penggunaan oli sesat. Ya… rupanya om Fajar ingin berbagi pengalaman ini setelah terinspirasi dari artikel saya sebelumnya tentang penggunaan oli sesat PFT/Pertamina Fastron Techno yang dilakukan oleh om Dede Yusup di Yamaha Jupiter Z1. Perlu diketahui, om Fajar sudah menggunakan oli PFD/Pertamina Fastron Diesel pada Jupiter Z nya ini sejak tanggal 5 Mei 2016 atau sejak 4 bulan silam, dan bagaimanakah reviewnya….

[display-posts tag=oli]

Berbeda dengan om Dede Yusup (diartikel sebelumnya) yang memilih menggunakan oli mobil biasa bernama Pertamina Fastron Techno yang ditebus dengan harga Rp 75.000, di sini om Fajar memilih menggunakan oli mobil jenis mesin diesel bernama Pertamina Fastron Diesel 15W 40. Beruntung saat membelinya di Carrefour om Fajar pas ada diskonan. Jadi oli PFD seharga Rp 72.900 (lebih murah dari PFT) bisa dibawa pulang dengan hanya membayar Rp 35.900 saja. Wah beruntung banget…
Lantas bagaimana impresi dan reviewnya… berikut cerita komplit dari om Fajar yang dikirim secara pribadi via WA saya… cekidot….
Halo juragan,,piye kabare?? Maap yaa baru sempetin ngetik buat dijadiin bahan artike e panjenengan. Jadi gini nih,, ane punya tunggangan harian jupiter z lansiran th 2007 warna biru spoke wheel. 
Ceritanya setelah lama masuk ke grup FBnya para lelaki,, yaitu MOTUBA dan LDIC,, ane kena ~racun~ (pencerahan) yg namanya penggunaan oli HDEO  PCMO di mesin motor kopling basah. 
Bahas dulu deh 2 grup tsb. MOTUBA singkatan dr MObil TUa BAngka,, dan LDIC singkatan dr Long Drain Interval Comunity. Dua grup tsb merupakan grup2nya org2 ahli dalam bidangnya,, seluk beluk mobil2 tua,, mesin2 jiyadul,, sampe mesin modern dan yg gak masuk ke Indonesia pun mereka paham dan ngelotok diluar kepala. Dan mereka juga paham tentang kandungan lendir dari tiap2 oli,, oli mesin mana yg bagus,,mana yg oke,,mana yg longdrain dan mana yg overprice. Bahkan mereka punya datasheet dari sekian banyak merk oli yg pernah mereka jajal. 
Dulu pernah ikut komen,,tanya oli yg lumayan terjangkau,, aman untuk kopling basah dan tentunya longdrain buat tunggangan ane oli apaan. Beberapa sesepuh sepakat PFD, Meditran SX, bahkan sampai Prima XP, bagus untuk si jarjit (nama Jupiter Z om Fajar).
Yo wis,,tanpa basabasi kesengsem deh. Nyari oli yg dimaksud dicarrefour pas diskonan. Dapetnya cuma sebiji doank,, PFD seharga 35rban udah diskon (gbr terlampir). 
Dan akhirnya ane eksekusi pada tgl 5 mei dg kilometer 72.820 ane cekokin ke jarjit. Rasanya gimana?? Impressi awal enak,,mesin halus,, kopling tetep gigit,, rasa2nya lebih enak dari enduro 4t dan shell ax5 yg biasa ane pake. Dan yg paling penting,,sampai hari ini tgl 26 September km lebih dari 76.xxx (3180km) rasanya masih tetep sama,,enak. Performa dapet,, harga dapet,, longdrainnya juga dapet. 😬
Last,,ane puas sama Pertamina Fastron Diesel di Jupiter Z th 2007. Kedepan mau nyoba Meditran sx yg lebih murah,,atau prima xp sekalian. Hehehe…. Salam Satu Aspal…

Sik sik sik… saya ulangi bagian ini… Impressi awal enak,,mesin halus,, kopling tetep gigit,, rasa2nya lebih enak dari enduro 4t dan shell ax5 yg biasa ane pake. Dan yg paling penting,,sampai hari ini tgl 26 September km lebih dari 76.xxx (3180km) rasanya masih tetep sama,,enak. Performa dapet,, harga dapet,, longdrainnya juga dapet”.  Beneran segila inikah efek pemakaian oli sesat diesel ini… Sudah 3000 km plus plus efeknya masih sama dari awal dituang… Sekali lagi saya kudu bilang… ANJAYYY… 

Pingin… enggak… pingin… enggak… pingin… #tik tok tik tok… Pembaca ada yang punya pengalaman serupakah… Salam satu aspal… gaspol… ciao…. (mase ganteng)

59 Comments

  1. we saya baru tau …. selama ini makai fastron untuk mboil cukup tua saya, namun sudah saya jual, namunnya lagi masih tersimpan beberapa liter olie fastron… boleh nanti kapan kapan ikut mencicipi.

  2. Udah pernah coba…diR15 cuma kepake 2000Km gara” Motornya Vampire..Ring Seher yg jelek….
    Skrng lgi pake Rimula R4X lebih Smooth dari PFD dan moga bisa long drain dgn cara tidak terlalu sering gaspoll

  3. Mas nek nganggo PFD neng satria fu 150 tahun 2007 ukuran seher 64,5 aman gak ya? Pengen nyobo :v
    Sisan tekok rego saiki piro? :p
    #Solo
    Matur tengkyu

  4. Ayo pak kasih minum pfd, nucebongku sudah gonta ganti pfd pft, saya sih feelnya enakan pft, tapi pfd gak jelek.. Jeleknya nek ganti harus 1,1 jadi nek ganti barengan sama motor lain dirumah, ada pega r new ama mbit ikut2an pakai oli sesat. Apa masih gak pengen sampeyan???
    Btw kui carrefour ngendi pak, murah tenan,aku pfd biasane 56 pak, pft 67.5..

  5. saya sudah coba. hahaha…….
    suprafit 2006 pake mediteranSX, dulu pake Ultratec kalo dah panas motor serasa berkurang tenaganya, & kopling kurang gigit.
    beralih ke mediteranSX pemakaian berat, lama kelamaan mesin terasa enteng, dan kalo sudah panas gak loyo lagi.

  6. Maaf gan mw tanya oli sesat meditran sx perlu gak dilakukan flushing motor saya honda revo maaf masih baru pertama kali pakai

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*