Iklan
jump to navigation

(DIY) Ganti oli Honda Verza 150 dengan oli MPX1 19 Oktober 2016

Posted by Mase in Honda, Kumpulan Tips, oli, test ride dan review, Verza.
Tags: , , , , , , ,
trackback

satuaspal.com – (DIY) ganti oli Honda Verza 150 dengan oli MPX1

Waktunya Honda Verza 150 ane ganti oli nih gan. Ini adalah penggantian oli kedua diumur neng Veve yang memasuki km 3000. Penggantian oli pertama pas km 1000 masih dapat gratisan dari AHASS, sedang untuk penggantian oli kedua ini oli musti dibeli. 

Oli gratis di km 1000 sama AHASS dicekokin MPX1, nah niat ane dipenggantian kedua ini mau ane ganti ke SPX1, namun apa daya, muter-muter AHASS di Karanganyar tidak ada yang punya stok oli yang ane inginkan tersebut.
Karena udah sekalian nyampe ke AHASS ya sudah akhirnya ane tebus oli MPX1 saja yang volumenya 1 liter. Oli MPX1 sendiri cocok buat bebek dan juga sport, gitu sih tulisannya dikemasan. Ane pinang oli MPX1 ini di AHASS Cahaya Sakti Karanganyar, harganya sendiri lumayan anteb, 46.000 rupiah.

Karena oli sudah ada, sekarang saatnya sediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk ganti oli neng Veve. Seperti tang, kunci ring 12, lap, dan kaleng penampung oli bekas.

Setelah alat-alatnya komplit tinggal di lanjutken saja. Posisikan Verza 150 dengan standar ganda. Lubang pembuangan oli Verza 150 ada di sebelah kiri bawah mesin. Buka lubang dengan kunci ring 12, putar ke arah kiri. Jangan lupa letakkan terlebih dahulu kaleng penampung oli bekas di bawah mesin.

Lalu buka lubang untuk memasukkan oli. Lubang ini ada di mesin sebelah kanan. Buka dengan menggunakan tang. Agar tutup oli yang terbuat dari plastik tidak lecet, pastikan untuk melapisi tang dengan kain sebelum membukanya. Tentu saja kedua langkah ini dan yang diatasnya itu bisa dibalik sesuai selera.

Biarkan oli di dalam mesin menetes keluar hingga habis. Karena ane tidak punya kompresor, untuk mengeluarkan oli oli tetes terakhir ane miring-miringkan saja Verza 150 ane.

Setelah dirasa cukup, oli yang sudah hitam di dalam mesin sudah keluar semua, sekarang saatnya menutup kembali lubang pembuangan oli dengan kunci ring 12 lagi, putar ke kanan secukupnya saja. Kemudian buka kemasan oli MPX1 dan tuang ke dalam mesin lewat lubang pengisian. Gunakan corong biar nggak tumpeh tumpeh.

Bisa kan membedakan oli bekas dan oli baru… :mrgreen: 

Lantas setelah semua oli masuk ke dalam blok mesin, sekarang saatnya melakukan langkah terakhir, tutup kembali lubang pengisian dengan menggunakan tang. Dahhh selesai!!!

Ane sempat menuang oli bekas hasil tap tapan yang ada di kaleng penampungan ke kemasan oli MPX1 yang sudah kosong. Hasilnya… terlihat volume oli masih sama saja dengan oli baru, atau kalau ada perbedaan volume ya tipis bangetlah. Ini artinya penguapannya masih normal setelah menempuh 2000 km.

Saatnya foto wajib… eksen bareng oli…

Nah untuk pemilihan oli tentu terserah yang punya motor, ada yang suka oli resmi, ada yang suka oli merk lain, ada yang suka oli pertamina biar kita untung bangsa untung, ada yang suka oli diesel, ada yang suka oli mobil… dan oli-oli yang lain… yang penting jangan diminum wes… 😆

Untuk impresinya sendiri, hingga saat ini sudah menempuh jarak 1500-an km dan ane belum menemukan masalah apa-apa. Ane rasa oli ini nggak jelek juga kok. Tarikan juga masih enteng. Memang ane nggak pernah top speed sih… hora waniiii… 

Kalau cuma ganti oli sendiri saja semua pasti bisa, cuman kadang kesibukan yang tidak mengijinkan. Itu tadi gan share ane tentang ganti oli sendiri neng Veve. Semoga varokah… Salam satu aspal… Ciao (mase)

Iklan

Komentar»

1. Budi Santoso - 19 Oktober 2016

lendir meneh

satuaspal.com - 19 Oktober 2016

Croootttt gitu ya lek

Budi Santoso - 19 Oktober 2016

ini lebih halus, tidak berbunyi 😀

2. mysukmana - 19 Oktober 2016

Mas nek oli buat kharisma apike opo y

satuaspal.com - 19 Oktober 2016

Waduh opo ya, aku yo kurang paham ki mas. Mungkin selera wae hehe…

mysukmana - 19 Oktober 2016

Mosok honda tak wenehi repsol kepanasen hahaha

satuaspal.com - 19 Oktober 2016

Wakakakak… kapiken kui… nek aku paling mbiyen supraku kae ta isi enduro 4t, penak…

3. gilaroda2ga - 19 Oktober 2016

Wah masih taat pribadi nih blm tersesat olinya…😀

satuaspal.com - 19 Oktober 2016

Wakakakakak pengganda duit dong ane 😁😁😁

4. orong-orong - 19 Oktober 2016
satuaspal.com - 19 Oktober 2016

Hahahaha

5. Hermawan - MivecBlog.com - 19 Oktober 2016

Sampe item gitu kang olinya?

satuaspal.com - 20 Oktober 2016

Itu 2000 km padahal

Hermawan - MivecBlog.com - 20 Oktober 2016

Berarti harus per 1000 km kang 😅

satuaspal.com - 20 Oktober 2016

Anjayyyy

6. DNFmagz - 19 Oktober 2016

Baru 2000km kok udah di ganti sih, emane oli sek apik kok
😅

satuaspal.com - 20 Oktober 2016

Lha terus brp om…

DNFmagz - 20 Oktober 2016

Bareng sevice dong 😁

satuaspal.com - 20 Oktober 2016

Kagak tega om.. tu baru 2000 km aja dah htm legam..

DNFmagz - 20 Oktober 2016

Hitam itu karena kerak dan karbon, bukan kualitas oli, apalagi klo masih encer kayak baru di tuang

satuaspal.com - 20 Oktober 2016

Weh gitu ya om….

DNFmagz - 20 Oktober 2016

Buktinya di 2tak yg oli mesinnya gak ikutan ke ruang bakar walaupun setahun juga gak item pekat gitu kan

satuaspal.com - 20 Oktober 2016

Woh iya bener juga tuh om analisisnya

DNFmagz - 20 Oktober 2016

Makannya ane nyante aja buat ganti oli barengan sama service, yg penting oli gak berkurang signifikan dan kekentalannya gak terlalu berubah

satuaspal.com - 20 Oktober 2016

Emmmm gitu ya… sip sip sip… tapi ane tetep 2000 km lah… hehe..

DNFmagz - 20 Oktober 2016

Akhirnya kembali di keinginan masing” 😂😂😂😂😂

7. ndesoedisi - 20 Oktober 2016

Karena ane tidak punya kompresor, untuk mengeluarkan oli oli tetes terakhir ane miring-miringkan saja Verza 150 ane.
—————————————-
kalo ga punya kompresor solusinya bisa pak kompresor tipe M (mulut) alias ditiup 😆

satuaspal.com - 20 Oktober 2016

Itu tidak baik pak… disinyalir ada campuran air yg keluar dari mulut saat tiup tiup…

ndesoedisi - 20 Oktober 2016

huahahahaaaaaa 😆

8. Review penggunaan oli MPX1  | www.satuaspal.com - 4 November 2016

[…] (DIY) Ganti oli Honda Verza 150 dengan oli MPX1 […]


Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

wulandari018.wordpress.com/

WULANDARI018.WORDPRESS.COM

NgamenRider

Hanya tukang cerita otomotif, sejarah, militer dan beberapa omong kosong pribadi

BlogOtive

Blog Otomotif Indonesia khusus Motor

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

Bakul Kangkung Jpr

let's talk motorcycles and bikers

Adhikarta.Net

All About Otomotif dan Kulon Progo

imotorium

Info Otomotif | Bus | Mobil | Motor | Aviasi | Wisata | Gadget

terasmalam

Menikmati Malam Di TERASMALAM

%d blogger menyukai ini: