jump to navigation

Tarif pengurusan surat-surat kendaraan naik gila, akankah berimbas pada penjualan sektor otomotif 5 Januari 2017

Posted by Mase in News.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Demi meningkatkan pendapatan negara yang berasal dari nonpajak, pemerintah memberlakukan kebijakan yang tidak populer dengan memberikan beban kepada masyarakat dalam pengurusan surat-surat kendaraan dengan tarif baru yang mulai berlaku Januari 2017 ini. Tidak tanggung-tanggung, tarif baru ini naik dua hingga tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tarif sebelumnya.

Penjelasannya :

Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru dan ganti kepemilikan (mutasi) kendaran roda dua dan tiga yang sebelumnya dikenakan biaya Rp80 ribu, naik menjadi Rp225 ribu. Untuk kendaraan roda empat sebelumnya Rp100 ribu, biayanya naik menjadi Rp375 ribu.

Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaran (STNK) roda dua maupun roda tiga juga naik. Biaya sebelumnya Rp50 ribu naik menjadi Rp100 ribu. Sedangkan roda empat dari Rp75 ribu menjadi Rp200 ribu.

Pengesahan atau penerbitan STNK kendaraan roda dua atau tiga juga empat yang sebelumnya tidak dikenakan biaya, berdasarkan Peraturan Pemerintah yang baru kini dikenai biaya. Kendaraan roda dua atau tiga dikenakan biaya Rp25 ribu, sedangkan roda empat tarifnya Rp50 ribu.

Sementara untuk mutasi kendaraan ke luar daerah, berdasarkan peraturan pemerintah baru itu juga ada kenaikan. Kendaraan roda dua atau tiga sebelumnya dikenakan biaya Rp75 ribu, naik menjadi Rp150 ribu. Kemudian, roda empat, sebelumnya sebesar Rp75 ribu, pada tanggal 6 Januari mendatang naik menjadi Rp250 ribu.

Penerbitan STNK Lintas Batas Negara untuk roda dua atau tiga, baik baru maupun penggantian, yang semula tidak dikenakan tarif menjadi Rp100 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih, menjadi Rp 200 ribu.

Penerbitan TNKB Lintas Batas Negara sebelumnya tidak dikenakan biaya, baik untuk roda dua atau tiga, kini dikenakan tarif Rp100 ribu, dan kendaraan roda empat atau lebih Rp200 ribu.

Dasar hukum :

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) menggantikan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).  

Dengan tabel:

–> keterangan di atas sumbernya dari ndeso94.com

Biaya pengurusan surat-surat ini pastilah akan dibebankan kepada pembeli saat membeli sepeda motor baru, dan jadinya, gara-gara tarif pengurusan surat-surat (BPKB dan STNK) yang naik ini juga akan berpengaruh pada harga jual sepeda motor di dealer. Dan bukan cuma sepeda motor, mobil juga terkena nasib yang sama.

Tidak hanya kendaraan baru yang terkena imbasnya, kendaraan lama juga terkena efek kenaikan biaya saat pengurusan mutasi ataupun biaya perpanjangan STNK. Pengesahan STNK yang tadinya gratis, sekarang sudah bertarif. Duhhhh… Masyarakat kudu merogoh kantong lebih dalam ini saat mbayar pajak…

Menurut satuaspal, kebijakan ini akan berpengaruh terhadap penjualan sektor otomotif. Masyarakat akan lebih mikir-mikir lagi untuk meminang sebuah kendaraan, biaya pengurusannya semakin tinggi, dan harga jual motor baru pasti juga akan terkerek. Mungkin ada efek positifnya, jalanan tidak semakin macet. Sekian. Salam satu aspal! (Mase)

Komentar»

1. Mas Muslim - 5 Januari 2017

Ah tetep ae kang,wong indonesia sugeh2 larang ae tetep bayar…harga kendaraan tiap tahun mesti mundak,tapi yo iku tetep laris,alhasil jalan makin macet!macam ibu kota tempat gua merantau ini…hehee

Harga BBM Naik!

http://bmspeed7.com/2017/01/05/kado-awal-tahun-pertamina-naikan-harga-bbm/

Mase - 5 Januari 2017

Akibat kredit yg sangat lunak

Mas Muslim - 5 Januari 2017

Selunak fitsa hats lek :v

Mase - 5 Januari 2017

Wakakakak…

2. Kobayogas - 5 Januari 2017

wah biaya jajan naik nih

Mase - 5 Januari 2017

gaji cuma naik dikit, eh yg lain naik banyak

3. idanursilawati - 5 Januari 2017

Kalo pajaknya naik gak?

Mase - 5 Januari 2017

Belum ada informasi untuk kenaikan pajaknya kak, semoga tidak.

idanursilawati - 5 Januari 2017

Iya nih, belom pajak progresifnya. Apa dijual aja ya semua. Ganti pake sado

Mas Muslim - 5 Januari 2017
Mase - 5 Januari 2017

Pajak naik juga to lek

Mas Muslim - 5 Januari 2017

Hiyo,monggo googling lek

Mase - 5 Januari 2017

Wohhhh… Makin mahal hidup di 2017

idanursilawati - 5 Januari 2017

Biuh, kalo pajak berapa persen naiknya?

metomnulis - 5 Januari 2017

Naik brapa % nieh kalo pajak???

Mas Muslim - 5 Januari 2017

Kurang tau om,katanya untuk pajak naik juga

metomnulis - 7 Januari 2017

Untuk pajak gak ada yg naik om. Pajak tahunan gak ada yg dinaikkan. Yg naik yg non pajak.
Kya penerbitan stnk bpkb, mutasi dan balik nama. Penerbitan/perpanjangan plat nmr.

Sdh nyari2 info td siang sama org samsat.
Cmiiw

Mas Muslim - 7 Januari 2017

Ok maksih mas,sudah cari infonya.

Mase - 7 Januari 2017

Naaahhhh…

Mas Muslim - 7 Januari 2017

lega lek

Mase - 7 Januari 2017

Kalau sampe naik juga yo ediannnn… Hehe

Mase - 7 Januari 2017

Nah sip. Makasih om.

4. Budi Santoso - 5 Januari 2017

rok janda juga naik gak ya. eh btw itu masuk deler mbok helemnya dilepas 😀

Mase - 5 Januari 2017

Kl nggak naik biar aku naikin #eh. Ini helm SNI, rugi kl dilepas.

Budi Santoso - 5 Januari 2017

buahaa..ha….

Mase - 5 Januari 2017

Pingin ora

Budi Santoso - 5 Januari 2017

ora

5. mas jeck lintangcruisers - 5 Januari 2017

wis pokok e kerja yang giat buat bayar pajak hehehhe… bien salahe sopo to ikih https://lintangcruisers.wordpress.com/2017/01/05/boleh-happy-tapi-jangan-ajak-orang-lain-celaka-dong/

Mase - 5 Januari 2017

Kpn le rabi meneh nek ngene

mas jeck lintangcruisers - 5 Januari 2017

Wah… opo ijik njengat sampean wkwkwk

Mase - 5 Januari 2017

Masih 50°

mas jeck lintangcruisers - 5 Januari 2017

hahaha pake tysu magic itu harusnya

Mase - 5 Januari 2017

Ini masih alami

6. pesonafragrance - 7 Januari 2017

Gowes ae….

7. Senja Kelana - 9 Januari 2017

Selama paradigma ttg sistematis hidup yg selalu menuhankan prestige, selama itupula mainstream bar-bar negeri ini akan terus berlanjut. Termasuk dalam hal amoda transportasi.

Mase - 9 Januari 2017

Tulll…


Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Soelarblog.com

News About the World of Motorcycles

nianayajomis

Belajar, eksplor, ekspos

KataKataSuwu

Ini kata kata gue, yang tidak setuju silahkan berkomentar

denipuryblog

Berbagi Seputar Motor dan Mobil

ATJINDO

Learn Everything

Coretan chila

Jangan Lupa Bahagia

Sri Sugiastuti

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat

Cindy Vania

This is our stories

Smallycycle

Sederhanakanlah...

%d blogger menyukai ini: