Review: Oli Federal Racing di Honda Verza 150


satuaspal.com – Salam satu aspal mas bro…. Beberapa waktu yang lalu mase menjajal oli merk Federal yang berjuluk Federal Racing untuk diinjeksikan ke tubuh motor batangan, Honda Verza 150 produksi 2016. Yach sebagaimana yang kita tahu mas bro, posisi oli itu sangat vital untuk sebuah mesin. Diibaratkan sebagai darah untuk makhluk hidup. Kalau nggak ada oli mesin bisa macet dan yang paling parah adalah rompal, karena gesekan ekstrim. Untuk itu jangan sampai mesin motormu kosong dari oli ya mas bro, kecuali kamu sudah bosen sama motormu dan bermaksud mau menggantinya dengan tunggangan yang baru. Siapa tahu kamu lagi kesengsem sama metik gambotnya Yamaha, Aerox 155 VVA.
Terus gimana review penggunaan oli Federal Racing-nya, puas atau nggak puas? Kalau di bilang puas atau nggak puas, mase bisa bilang cukup puas dengan performa yang diberikan oleh oli Federal Racing ini. Dibandingkan dengan oli resminya motor Honda jauh mas bro, enakkan Federal Racing banget.
Oli Federal Racing sendiri memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Oli Federal Racing 10w-40 ini memiliki spesifikasi API SL, JASO MA2.
  • oli ini berbahan dasar 100% sintetik dengan formula spesial untuk mesin motor sport 4t.
  • berspesifikasi Iso Polymer syntetic Base Oil yang menghasilkan viskositas yang tetap stabil sehingga motor lebih responsif dan akselerasinya maksimal.
  • Federal Racing juga mengandung double Act Cleaner yang mampu membersihkan permukaan logam agar kinerja mesin optimal.




Sejak dituang untuk pertama kalinya pada mesin Verza 150 2016 ini, performa oli Federal Racing sangat bagus hingga 2.200 km jarak penggunaan di speedometer. Selebihnya dari 2.200 km, mase sudah merasakan rasa-rasa harus ganti oli, di mana perpindahan gigi sudah mulai kasar.
Efek yang mase rasakan saat menggunakan oli Federal Racing yang botolnya warna gold ini adalah:

  • Suara mesin lebih halus.
  • Getaran berkurang.
  • Tarikan mesin halus dan berisi, responsif.
  • Mesin tidak panas berlebih.
  • Perpindahan gigi lembut.

Itu dia mas bro yang mase rasakan saat menggunakan oli Federal Racing yang dituang pada mesin Verza 150 2016. Ini murni review dan pendapat pribadi, bukan artikel titipan sponsor. Oiya, oli Federal racing ini mase dapatkan dengan harga Rp 46.000 dengan isi 1 liter pada kemasannya, pas untuk isi ulang oli Verza 150. Dan menurut mase, oli ini cukup recommended. (Eko Pranoto)

16 Comments

  1. imho, lebih enak federal yg gak pake embel2 racing.
    performa sedikit di bawah yg racing, tapi daya tahannya jauh menang yg biasa hehe.
    cmiiw

    • Kl mnrt saya sih bisa mas bro. Mnrt saya lbh bagus oli ini drpd oli Honda. Efek negatif tdk ada sih, cm kl servis di ahass gk bs gnt oli lgsg kl gak bw sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*