Mengobati Suara Klotok-Klotok Pada Mesin New CB150R dengan Part Karisma 125

Sejak pertama kali lahir, generasi mesin Honda CB150R didera isu tidak sedap , yaitu munculnya suara klotok-klotok pada sebagian produknya. Hanya sebagian, bukan keseluruhan. Honda CB150R lahir dengan menggunakan mesin baru buatan PT. Astra Honda Motor, yaitu mesin dengan spesifikasi DOHC, 4 tak, 6 speed, dan berpendingin cairan. Uniknya mesin CB150R menggunakan mesin DOHC yang disebut sebagai near square dengan ukuran bore x stroke 57.3 x 57.8 mm. Yang sedangkan pada DOHC Suzuki Satria 150 merupakan mesin DOHC yang overbore dengan bore x stroke 62 x 48.8 mm.

(All New CB150R nya Deri)

Generasi mesin CB150R selain digunakan pada New CB150R juga digunakan pada CBR150R, Sonic 150, dan bebek Supra GTR 150. Dari beberapa kasus, seiring pemakaian, beberapa mesin tersebut dijangkiti penyakit yang berupa bunyi klotok-klotok. Sebagian kasus terselesaikan dengan cara klaim ke bengkel resmi Honda karena memang termasuk dalam garansi, namun sebagian lagi memilih untuk mendandaninya sendiri dengan mekanik kepercayaan, karena proses klaim tidaklah mudah, kadang berbelit-belit.
Suara klotok-klotok yang muncul pada generasi mesin DOHC CB150R diduga berasal dari komponen LAT atau Lifter Assy Tensioner yang lemah. Untuk itu perlu dilakukan penggantian pada komponen ini. Komponen LAT genuine part untuk New CB150R dibanderol dengan harga Rp 305.000. Namun ternyata komponen ini bisa diakali dengan menggantinya dengan komponen LAT milik Honda Karisma 125 yang lebih murah harganya, dan pilihan merk versi KW nya juga banyak, konon katanya per pada komponen LAT versi KW memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan komponen aslinya.

(LAT merk KGW milik Karisma 125)
Salah satu komponen LAT milik Karisma 125 versi KW yang recommended adalah merk KGW, selain kualitasnya bagus harganya juga murah. Komponen ini bisa ditebus dengan harga hanya Rp 35.000 saja. Komponen LAT Karisma 125 ini identik dengan komponen LAT pada New CB150R, jadi komponen ini memang cocok untuk dipasangkan pada mesin New CB150R.

(LAT All New Cb150R telah dilepas)


(Komponen LAT si biang klotok-klotok)
Untuk memasang LAT Karisma 125 pada mesin New CB150R, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan melepas LAT yang terpasang pada mesin New CB150R. Gunakan cara yang benar untuk melepasnya, yakni pertama baut pada sisi tengah dilepas terlebih dahulu, setelah setelan LAT terlihat, gunakan obeng min untuk memutar setelan LAT, putar hingga mentok ke sisi kanan. Ketika sudah mentok, putar lagi hingga kerasa “klik” atau mengunci. Setelah itu langkah selanjutnya melepas dua baut yang digunakan untuk menempelkan LAT pada blok mesin. Cara ini cukup aman dan dapat menghindarkan dari resiko mesin “gancet” karena klep menabrak piston, yang akibatnya motor tidak dapat dihidupkan.

(Komponen LAT setelah dibongkar)
“Selamat sore mase,, sesuai janjiku, kali ini aku mau sekedar sharing soal penggantian lifter assy tensioner (LAT) di motor cb150r saya.. sampe sekarang udah 1 minggu lebih (pasang tgl 28 maret 2017) dan suara klotok alhamdulillah belum balik lagi.. kebetulan LAT yang saya pilih merk KGW, harganya cuma 35rb, yang sejatinya utk honda kharisma 125, tapi ukuran identik.. oh iya kebetulan di motor saya gk semua bagian LAT diganti, cuma bagian dalam (per, sama daging nya) walau sebenarnya ganti semua tidak masalah.. untuk biaya pemasangan karena sama mekanik yang kebetulan tak kenal jadi ongkos pasang cuma 20rb (kebetulan waktu itu sekalian setel rantai, dan cek beberapa part) jadi total biaya cuma 55rb.. mungkin cuma itu yang bisa saya share, maaf kalo bahasanya berantakan 😅 oh iya foto2 bukti tak kirim lewat WA ya..”, kata Deri memberi penjelasan.
Selain merk KGW, di toko spare part sebenarnya terdapat banyak merk LAT milik Karisma 125 yang dapat dipilih dengan variasi harga yang bahkan ada yang hanya berharga Rp 25.000. Namun yang recommended adalah merk KGW ini. Sedangkan harga LAT versi genuine part milik Karisma 125 di AHASS dijual dengan harga Rp 260.000, cukup mahal. Nah, selamat mendandani CB150R agar kembali nyaman dan hilang suara klotok-klotoknya. (Satuaspal.com)
(Berbagai merk LAT KW untuk Karisma 125)
Sumber: Thanks for Deri Temanggung

29 Comments

  1. Kreatif ya. . untuk ketahanan part jangka panjangnya harus di update nih mase …mampu bertahan sampai berapa lama? lha wong harga partnya beda antara bumi dan langit he he he….

  2. Cuman sekedar share Mase, kalo mau tahan banting pake punya Smash di gabungin dengan bawaan Cb. Yang bawaan cuman di pake rumah-rumah tok. Cuman buatnya harus di tukang bubut. Tapi jaminan

  3. Yg paling gampang….di recal….
    Tapi punya keberanian ngak ?
    Quality assurance,quality control,quality built jadi pertanyaan ?
    Tapi biar lah ku jawab sendiri….

  4. Motor baru kok gitu…..
    Seperti mesin parut kelapa,ada yg seperti mesin gilingan padi…..
    UNTUNG KAGAK JADI BELI & TAK MINAT.lihat sonic,gtr,cb atau cbr….
    Mending suzuki atau ymh….

  5. minim fitur, banyak problem walaupun itu motor baru. kok masih banyak peminatnya ya?
    semua yang beli sudah dibutakan sama desain, tapi quality nya diabaikan.
    masih ada merk lain yang fitur melimpah dan quality mesinnya ok

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kedatangan Pembaca Penunggang New CB150R dari Temanggung | www.satuaspal.com
  2. Pontang panting pantang menyerah ajukan klaim suara klotok-klotok, ini yang didapat biker asal Temanggung | www.satuaspal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*