Iklan
jump to navigation

Mengintip Proses Produksi Honda Beat dan CBR250RR 17 Juli 2017

Posted by Mase in Honda.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Honda Beat diproduksi hanya dalam beberapa detik

Berkeliling pabrik pembuatan Honda Beat dan melihat proses produksi Honda Beat secara langsung membuat mase ingin bilang “wow” sambil push up. Bagaimana tidak, hanya dalam beberapa detik saja sebuah Honda Beat bisa lahir. Proses produksinya meliputi pembuatan rangka, pembuatan blok mesin, pembuatan cover body, yang kesemuanya dikerjakan oleh robot. Benar-benar mereka robot yang bisa diandalkan, bukan robot yang bisa berubah jadi mobil.

Setelah itu semua dirakit dengan kerjasama robot dan tangan manusia cekatan yang tergabung dalam kelompok karyawan AHM. Komponen printilan mesin berjalan di rak-rak produksi, tangan karyawan secara cekatan memasang berbagai komponen yang memang sudah menjadi tugasnya masing-masing. Mesin dirakit, rangka disambungkan ke mesin yang sudah jadi, tangki bbm dipasang, plastik-plastik body di tempel, ban di pasang, dan jadilah sebuah motor metik paling laris di dunia, Honda Beat. Semua proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Selanjutnya sepeda motor yang sudah jadi dilakukan pengujian oleh bagian Quality Control. Semua bagian diuji tak terkecuali, seperti sorot lampu, suara mesin, dan lain-lain sehingga akhirnya menjadi sebuah motor lolos uji dan layak di distribusi ke dealer di seluruh Indonesia sebagai pemasarnya. Itulah gambaran proses produksi sebuah Honda Beat yang kesemua langkah-langkahnya dilakukan di dalam satu plant, yakni plant 4 PT. Astra Honda Motor di Karawang. 

Tidak hanya Honda Beat saja, ternyata plant 4 juga digunakan sebagai tempat produksi Honda Vario 150 dan juga Honda Click 150i yang pemasarannya diekspor ke Filipina, Malaysia, dan tetangga-tetangganya.

Plant 5 tempat produksi Honda CBR250RR

Plant 5 berada berjajar dengan plant 4 dalam satu kawasan pabrik PT. Astra Honda Motor di Karawang. Plant 5 ditugaskan menjadi tempat produksi untuk motor 250 cc, Honda CBR250RR. Di bangunan yang cukup besar dan luas ini, mase bisa menyaksikan proses produksi dengan mengikuti cerita dari Pak Eko pegawai di PT. Astra Honda Motor. Lha kebetulan plant sedang libur karena menganut faham 5 hari kerja, khusus plant 4 memang diadakan lembur.

Plant 5 memiliki kekhususan, dimana pada plant ini terdapat ruangan lagi di dalamnya yang dikhususkan untuk merakit mesin CBR250RR, kalau di plant 4 ruangannya cuma los gitu. 

Ruangan ini harus bebas dari debu, bahkan debu halus sekalipun. Ini berguna untuk menjaga kebersihan komponen bearing peluncur atau bantalan pelucur yang akan dipasangkan di dalam mesin CBR250RR. Komponen ini tidak boleh terkena debu sedikitpun, dan komponen ini hanya terdapat di CBR250RR yang mana merupakan teknologi baru, meninggalkan model bearing pada umumnya. Untuk pembuatan satu unit Honda CBR250RR juga hanya dibutuhkan waktu beberapa detik saja, lebih lama sedikit dari pembuatan Honda Beat.

Blogger dan Vlogger Visit Plant PT. AHM Karawang
Tour plant atau pabrik ini merupakan rangkaian dari acara blogger dan vlogger visit plant Karawang oleh PT. Astra Honda Motor yang digelar Sabtu (15/7/2017) kemarin. Saat itu PT. AHM mengundang blogger dan motovlogger sebanyak 55 orang yang berasal dari seluruh nusantara, ada dari Bali, Kepulauan Riau, Batam, Makasar, Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan juga Jawa Timur. Nah kebetulan satuaspal.com juga diajak. Joss nan… 

Salam satu aspal. 

Iklan

Komentar»

1. speedmotoblog.com - 17 Juli 2017

Mantavv mas bro….

Mase - 17 Juli 2017

Om SM juga mantaf djiwa

speedmotoblog.com - 17 Juli 2017

Semoga tahun depan bisa berjumpa lagi mas 😁😁

Mase - 17 Juli 2017

Aamiin mas bro

2. ndesoedisi - 17 Juli 2017

Wow Blogger kondang tenan iki

Mase - 17 Juli 2017

Halahhhh… Kamu tuh mang…

3. icalproject's - 17 Juli 2017

Mantap wes kondyang iki🖒🖒 sukses teruss

Mase - 17 Juli 2017

Wakakakakak alhamdulillah… Aamiin… Suwun om Ical, sukses terus juga yak…

4. Budi Santoso - 17 Juli 2017

kondiang tenan. jos pokoke

Mase - 17 Juli 2017

Duhhhh… Malah dadi isin dikomeni kondang wae…

Budi Santoso - 17 Juli 2017

pancen kondang tenan og lha kepiye

Mase - 18 Juli 2017

Aamiin

5. hoho - 17 Juli 2017
Mase - 17 Juli 2017

Nanggung biar penasaran, wakakakakak… Sak madione lek…

6. ardiantoyugo - 17 Juli 2017

ramene 55 orang… 🙄

Mase - 18 Juli 2017

sampean yo onok hehe


Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

wulandari018.wordpress.com/

WULANDARI018.WORDPRESS.COM

NgamenRider

Hanya tukang cerita otomotif, sejarah, militer dan beberapa omong kosong pribadi

BlogOtive

Blog Otomotif Indonesia khusus Motor

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

Bakul Kangkung Jpr

let's talk motorcycles and bikers

Adhikarta.Net

All About Otomotif dan Kulon Progo

imotorium

Info Otomotif | Bus | Mobil | Motor | Aviasi | Wisata | Gadget

terasmalam

Menikmati Malam Di TERASMALAM

Putri Avionitami

Tak ada yang salah dalam hidup hanya orang - orang yang tak ingin berkemauan keras untuk mencapai tujuan hidup

%d blogger menyukai ini: