AHM serap aspirasi SMK vokasi Indonesia Timur… Wah mantap


satuaspal.com – Salam satu aspal kang bro… Bertajuk Sarasehan Program Pendidikan Satu Hati, acara yang berlangsung di Makassar pada 5-6 Oktober 2017 ini diikuti para pemangku kepentingan yang terkait dengan SMK Teknik Sepeda Motor, mulai dari Direktorat Pembinaan SMK – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), jaringan Main Dealer Honda, hingga Kepala Sekolah dan Kepala Program Studi SMK mitra binaan AHM se-Sulawesi dan Papua.

Direktur HR, GA IT AHM Markus Budiman mengatakan komitmen pemerintah Presiden Jokowi dalam memajukan pendidikan vokasi industri harus didukung berbagai pihak agar program “link and match” dunia pendidikan dan dunia usaha dapat berjalan efektif dan bermanfaat bagi generasi muda.
“Sejak 2009, kami memiliki concern yang besar untuk melahirkan alumni SMK yang terampil dan berdaya saing. Sarasehan ini merupakan bagian dari upaya sistematis yang kami lakukan dalam mengoptimalkan implementasi pendidikan vokasi industri yang dicanangkan pemerintah.”
Sarasehan yang berlangsung selama 2 hari ini menyampaikan berbagai materi yang bisa dijadikan referensi dalam rangka peningkatan kualitas SMK, mulai dari standardisasi pengelolaan sekolah hingga upaya peningkatan kompetensi guru dan peluang kerja bagi alumni SMK Teknik Sepeda Motor Honda. AHM juga menggelar sebuah forum Focus Group Discussion (FGD) khusus untuk menyerap aspirasi dari peserta sarasehan tentang berbagai masalah aktual yang terjadi di SMK.
Ketua Program Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan hasil FGD akan menjadi masukan bagi perusahaan dalam menyempurnakan implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda di SMK mitra binaan.
“Beberapa problematika seputar SMK terungkap di FGD. Ada yang terkait langsung dengan industri, ada juga yang terkait dengan arahan kebijakan detail pemerintah untuk pendidikan vokasi ini. Kami berharap, dengan dukungan dan keseriusan pemerintah, semua tantangan ini bisa diselesaikan untuk kemajuan SMK di masa depan.”
662 SMK Mitra Binaan
Sementata itu, di sela-sela acara sarasehan ini juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara AHM dengan 3 SMK dari wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara yang akan mengimplementasikan KTSM Astra Honda.Dengan bergabungnya 3 SMK baru ini, jumlah SMK mitra binaan AHM sampai saat ini sudah mencapai 662 sekolah yang tersebar di 30 Provinsi di Indonesia.
Dalam acara tersebut MoU ini, AHM memberikan bantuan berupa 3 unit sepeda motor, spesial tools, dan buku atau materi ajar kepada 3 SMK tersebut. Secara simbolis Direktur AHM Markus Budiman menyerahkan paket donasi untuk belajar dan praktik siswa ini kepada 3 Kepala Sekolah dari SMK Negeri 2 Bulukumba, SMK Negeri 1 Sampolawa, SMK Negeri 5 Bone.
“Bertambahnya jumlah sekolah ini merupakan tantangan bagi kami untuk konsisten menjaga komitmen dalam meningkatkan mutu implementasi KTSM Astra Honda di SMK binaan baru ataupun SMK yang sudah lebih dulu bergabung dengan kami” tutup Muhibbuddin yang juga menjabat sebagai Deputy Head of Corporate Communication AHM.

Demikian press release dari PT. Astra Honda Motor… Wuih mantap djiwa ya kang bro… (mase) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*