Tempat Wisata Sejarah yang Dikunjungi Blogger dan Vlogger dalam rangka Honda Bikers Day 2017 

satuaspal.com – Salam satu aspal gan. Oke gan satuaspal.com mau cerita nih, kemarin kan Honda mengundang blogger dan vlogger sejumlah 30 orang untuk meramaikan dan juga meliput event besar yang diselenggarakan secara tahunan, apa lagi kalau Honda Bikers Day 2017. Nah kebetulan tempat yang dipilih untuk penyelenggaraan HBD tahun ini adalah Yogyakarta, lebih tepatnya Wonosari Gunung Kidul. Berhubung kita semua sudah ngumpul di Jogja dan Jogja itu punya banyak banget tempat wisata, maka Honda sekaligus mengajak kita para blogger dan vlogger untuk sekaligus menikmati wisata di kota Gudeg. 

Kurang lebih ada enam destinasi wisata yang kita kunjungi gan. Kebanyakan destinasi wisata kunjungi berbau wisata sejarah dan juga wisata alam. Jogja memang tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Dan berikut adalah destinasi wisata Jogjakarta yang dikunjungi oleh para blogger dan vlogger dalam rangka Honda Bikers Day 2017 bersama PT.Astra Honda Motor. 

1. Museum Afandi

Museum Affandi ( bahasa Jawa : Hanacaraka , ꦩꦸꦱꦺꦪꦸꦩ꧀ꦄꦥ꦳꧀ꦥ꦳ꦤ꧀ꦢꦶ) merupakan salah satu museum seni di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan berbagai macam lukisan karya Affandi . Selain itu, museum ini juga menyimpan banyak benda peninggalan Affandi lainnya seperti mobil, sepeda onthel dan masih banyak lagi. Museum Affandi terletak di Jalan Laksda Adisucipto nomor 167 dan menempati lahan seluas 3.500 m 2 yang terdiri atas bangunan museum yang terdiri dari empat galeri beserta bangunan pelengkap seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan bangunan rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya. Rumah Affandi ini mempunyai atap berbentuk pelepah pisang, dan terdiri dari dua lantai dengan lantai bawah untuk ruang tamu dan garasi sedangkan lantai atas yang sebagai kamar pribadi Affandi. Sekarang rumah ini berfungsi menjadi Kafe Loteng yang dapat dikunjungi pengunjung. Pembangunannya dilakukan secara bertahap serta dirancang sendiri oleh Affandi. (wikipedia) 

Di museum Afandi Yogyakarta ini para blogger dan vlogger diajak untuk menikmati lukisan hasil karya Afandi yang melegenda. Selain lukisan Afandi, museum ini juga menampilkan karya lukisan dari para pelukis Indonesia lainnya seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar dan lain-lain. 

2. Candi Borobudur 

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur , Magelang , Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini berlokasi di kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra . Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. (wikipedia) 

Setelah dari museum Afandi, para blogger dan vlogger diajak oleh Honda untuk mengagumi dan menikmati warisan leluhur yang merupakan sebuah candi Buddha yang sangat megah, Candi Borobudur. 

3. Keraton Yogyakarta 

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta ( bahasa Jawa : Hanacaraka,  ꧋ꦏꦫꦡꦺꦴꦟ꧀ꦔꦪꦺꦴꦓꦾꦑꦂꦡꦲꦢꦶꦟꦶꦁꦫꦡ꧀꧉, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat ) merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta , Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950 , kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.

Di hari kedua, Sabtu tanggal 14 Oktober 2017, dalam rangkaian fun touring blogger dan vlogger dari Borobudur ke Lanud Gading Gunung Kidul, kita semua berhenti etape 1 di Keraton Yogyakarta. Tidak hanya berhenti untuk makan dan istirahat, kita semua juga masuk ke dalam area keraton untuk berwisata dan melihat aktivitas keraton. 

4. Lintang Sewu

Kalau tidak salah tempat ini namanya Lintang Sewu, kalau salah mohon koreksinya gan. Tempat ini menawarkan keindahan hutan pinus yang maha sejuk dan segar udaranya. 

5. Lava Tour Merapi

Di hari ketiga, Minggu tanggal 15 Oktober 2017, kita para blogger dan vlogger diajak untuk menikmati lava tour Merapi. Tour ini menggunakan mobil jeep 4×4 yang tangguh disegala suasana hati gan. Hehe.. Kurang lebih tour berlangsung selama dua jam dan kita singgah di empat titik cek point. Empat titik cek point tersebut yaitu batu alien, museum sisa hartaku, bunker kaliadem, dan bekas rumah Mbah Marijan yang rosa rosa. 

6. Ullen Sentalu Museum

Museum Ullen Sentalu , terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman , adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram ( Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran , dan Kadipaten Pakualaman ) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta). Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya.

Di museum yang terletak dikawasan wisata Kaliurang ini, selama tour di dalamnya kita ditemani oleh guide yang menjelaskan koleksi yang ada di dalam museum. Di dalam museum ini kita blas nggak boleh ambil foto gan. Ifan pertamax7.com saja sampai dikejar pak Satpam gara-gara nenteng hp buat nonton motogp, dikira mau ambil gambar gan. 

Setelah selesai di destinasi terakhir yakni museum Ullen Sentalu, lantas kita makan gan di restoran di Ullen Sentalu ini. Dan ternyata diluar bayangan, yang kita makan ternyata menu western food gan, kirain restonya hanya nyediain makanan khas Jawa, wong isi museumnya saja khas Jawa banget. 

Yap, itu tadi gan destinasi wisata yang dikunjungi oleh blogger dan vlogger yang diundang dalam rangkaian acara Honda Bikers Day 2017 yang diselenggarakan di Lanud Gading, Gunung Kidul. Jangan ditanya kita seneng apa nggak ya gan…. Pokoke seneng banget dech kita bisa menjadi bagian dari event besar ini. Hehehe… Alhamdulillah ya boss… Terima kasih untuk PT. Astra Honda Motor…. (mase) 

–> beberapa gambar diambil dari koleksi marlinphoto.net

Iklan

18 pemikiran pada “Tempat Wisata Sejarah yang Dikunjungi Blogger dan Vlogger dalam rangka Honda Bikers Day 2017 

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s