Syarat Razia Lalu Lintas Resmi

Salam satu aspal… Syarat Razia Lalu Lintas Resmi

Sugeng enjing… Selamat pagi kang mas mbak yu semuanya… Pripun kabare… Bingung pilih PCX nopo NMax? Pun, tumbas dua-duane mawon kagem koleksi. Hehehe… Kang mas mbak yu, di tengah hingar bingarnya motor baru, dari NMax update yang tambah cling berkat hadirnya warna blue, terus di susul sama hadirnya Honda PCX lokal yang hadir full fitur, ternyata di Purwodadi sana sedang ramai berita lain. Tak lain dan tak bukan, berita itu tentang razia lalu lintas yang sungguh lucu karena digelar di jalanan kampung dan hanya dilakukan oleh dua petugas polisi.

Entah diperbolehkan atau tidak sebenarnya razia di jalan kampung ini, satuaspal juga kurang tahu, tapi razia lalu lintas yang hanya dilakukan oleh dua orang polisi kok kesannya wagu, dan seperti niat banget cari seseran. Tapi ah entahlah… Yang jelas kini video dua orang polisi yang melakukan razia lalu lintas di jalan kampung Purwodadi tersebut menjadi viral karena diunggah di sosmed. Masyarakat sekitar protes dan melakukan pengusiran terhadap dua polisi tersebut. 

Untuk menggelar razia lalu lintas sendiri sebenarnya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh petugas. Intinya razia tidak waton digelar, cuma modal nyegat motor yang lewat. Petugas polisi pun pastinya juga sudah paham akan adanya syarat-syarat tersebut, tapi entah mengapa kita kerap menjumpai razia lalu lintas yang tidak memenuhi persyaratan nekat dilakukan oleh kepolisian. 

Satuaspal bukan sok pinter, cuma mengutip dari motorplus.gridoto.com, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi petugas kala menggelar razia lalu lintas. Jika syarat berikut mereka penuhi berarti razia yang mereka lakukan itu legal atau resmi, begitu juga sebaliknya. Nampaknya masyarakat memang harus kritis biar tidak dikadali. Muehehe… 

Berikut 5 syarat razia resmi yang digelar kepolisian dikutip dari motorplus.gridoto.com.
1. Adanya papan pemberitahuan

Razia kendaraan bermotor oleh polisi harus dilengkapi dengan papan pemberitahuan. Jika tidak ada papan pemberitahuan bisa dipastikan razia ilegal.

Hal ini mengacu pada pasal 15 ayat 1-3, PP 42 tahun 1993 yang berbunyi setiap tempat razia harus dilengkapi tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor.

2. Surat tugas yang sah

Saat razia berlangsung mintalah polisi untuk menunjukkan surat tugas resmi.

Hal ini tertuang dalam pasal 13PP 42 tahun 1993. Pasal tersebut berbunyi setiap petugas yang melaksanakan pemeriksaan wajib membawa surat tugas.

Ada juga pasal 14 yang berbunyi surat tugas harus memuat beberapa hal penting yakni alasan dan jenis pemeriksaan, waktu pemeriksaan, penanggung jawab pemeriksaan, daftar petugas yang memeriksa dan daftar penyidik yang ditugaskan dalam razia.

3. Razia pada malam hari disertai papan bercahaya warna kuning

Malam hari beda dengan siang hari, jadi papan pemberitahuan harus diberi cahaya warna kuning sebagai tanda razia.

4. Polisi wajib memakai atribut dan seragam

Pada pasal 16 PP 42 tahun 1993 ayat 1 berisi bahwa petugas yang melakukan pemeriksaan wajib menggunakan seragam, atribut yang jelas, tanda khusus sebagai petugas pemeriksa dan perlengkapan pemeriksaan.

5.Ingat! hanya polisi lalu lintas yang berhak menilang

Hanya polisi lalu lintas yang berhak menjatuhi sanksi atas ketidakdisiplinan pengendara motor atau mobil. Diluar polisi lalu lintas, abaikan saja karena itu adalah razia ilegal.

Itu tadi kang mas mbak yu syarat-syarat razia lalu lintas yang resmi yang harus dipenuhi oleh anggota kepolisian yang akan menggelar razia lalu lintas di Indonesia Raya ini. Tidak sesuai aturan itu… Berarti abal-abal kang mas mbak yu, dan konon kita bisa melaporkannya ke propam. 

Sebenarnya kita juga tidak perlu takut jika bertemu dengan razia lalu lintas, asalkan surat-surat dan kelengkapan berkendara kita semuanya lengkap. Jangan lupa bawa SIM, dan STNK, pakai helm SNI, lengkapi spion kanan kiri, dan pakai knalpot standar, tidak melanggar lalu lintas, apa lagi… Semoga nggak ada yang kelewatan… Hehehehe… 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Syarat Razia Lalu Lintas Resmi

  1. Budi Santoso berkata:

    ketoro men yen golek tambahan duit, mosok razia mung wong 2

  2. loki berkata:

    Petugas yo menungso bro…. Golek tambahan go sing nang omah.wkwkwk

  3. Kobayogas berkata:

    minyak mase

    video review all new PCX

  4. Mas Huda berkata:

    benar-benar keterlaluan itu masak razia kok cuma dua orang

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s