Bakalan Pusing Kalau Sudah Kebelet di Stasiun Balapan Solo

satuaspal.com – Bakalan pusing kalau sudah kebelet di Stasiun Balapan Solo. Kenapa bisa begitu? Karena di Stasiun Balapan Solo tidak dilengkapi dengan toilet di sisi luar. Artinya stasiun terbesar di Solo ini hanya menyediakan toilet di dalam stasiun. Jika dilihat dari ukuran stasiun yang lumayan luas, tentu ini tidak efektif bagi calon penumpang yang akan naik kereta dan kebetulan untuk menunggu kereta belum diijinkan menunggu di dalam (area peron) dan diharuskan menunggu di sisi luar atau saya sebut lobi.

Pengalaman pusing kalau sudah kebelet di Stasiun Balapan Solo ini saya alami sendiri kemarin, Rabu 3 April 2019. Saya dan keluarga yang datang terlalu awal tentu belum diijinkan untuk masuk ke area ruang tunggu peron di dalam Stasiun Balapan Solo. Dan akhirnya kami menunggu di lobi di depan counter roti mariam salman. Posisi lobi tempat saya duduk ini jauh sekali dengan pintu masuk penumpang, namun dekat dengan pintu keluar.

Dan kebetulan saya kebelet buang air kecil. Sedangkan toilet satu-satunya hanya tersedia di area dalam stasiun dan jaraknya pun cukup jauh dari pintu masuk dan harus menyeberangi lima rel. Sedangkan tempat duduk saya di lobi ke pintu masuk saja juga sudah jauh banget. Maklum tempat duduk yang lokasinya dekat dengan pintu masuk sudah selalu penuh.

Saya berinisiatif untuk minta ijin masuk ke area dalam stasiun balapan solo lewat pintu keluar yang dijaga banyak petugas stasiun. Saya menghampiri petugas dan bilang minta ijin masuk untuk menuju toilet karena sudah kebelet. Eh beberapa petugas kompak menjawab agar saya masuk lewat pintu masuk. Ya sudah saya kembali duduk saja diruang tunggu lobi sambil menahan pipis. Mau jalan ke pintu masuk yang cukup jauh sudah gak kuat karena saking kebeletnya.

Sebagai catatan, penunggu di lobi sebenarnya memang diijinkan masuk untuk alasan pipis dengan meninggalkan kartu identitas. Namun alangkah lebih efektif dan memudahkan lagi jika di sisi luar stasiun balapan solo juga disediakan toilet, seperti misalnya di stasiun Kutoarjo yang juga memiliki toilet baik di dalam area peron maupun di ruang tunggu luar. Stasiun Balapan Solo itu stasiun besar lho!!

4 Comments

  1. hampir semua stasiun begitu .. toiletnya didalam semua …contoh yg pernah saya kunjungi Tawang (ada sih sbenernya tapi jauh deket mushola), pageden (subang), cikampek, dan banjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*