Cara Pesan Tiket Prameks dan Solo Ekspress Online

satuaspal.com – Sob… Keberadaan internet membuat segala sesuatu yang ada di dunia menjadi berubah. Namun intinya semua perubahan tersebut mengarah kepada sesuatu yang semakin memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu perubahan yang muncul karena hadirnya teknologi internet adalah layanan online. Ada banyak banget kita kenal layanan online, seperti Samsat Online, SIM Online, Tilang Online, Ojek Online, Taksi Online, Tiket Online, dan lain-lain. Di postingan kali ini saya akan menuliskan tentang cara pemesanan tiket kereta api Prameks dan Solo Ekspress secara online.

Kini Tiket Prameks Bisa di Pesan Online

Kabar gembira untuk para pelanggan kereta prameks, setelah PT. KAI menghadirkan kereta Solo Ekspress yang juga melayani rute yang sama dengan kereta Prameks, kini kabar gembiranya bertambah lagi dengan resmi tiket Prameks bisa dipesan secara online. Sebenarnya pemesanan secara online tiket kereta Prameks ini juga ada kelemahannya, yakni satu akun hanya bisa untuk memesan satu tiket untuk satu identitas. Jadi kalau mau pesan tiket banyak, satu orang harus punya akun masing-masing, atau ya antri secara manual ke stasiun. Kelemahannya lagi, satu akun KAI Access harus satu akun Link Aja.

Untuk dapat memesan tiket kereta api Prameks dan Solo Ekspress secara online, ada dua aplikasi yang harus diinstall di Androidmu sob. Ya dua aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas, KAI Access dan Link Aja. Aplikasi KAI Access untuk pemesanan tiketnya, sedang aplikasi Link Aja untuk pembayarannya. Perlu diketahui sob… Untuk pembayaran pemesanan tiket online Prameks dan Solo Ekspress ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Link Aja. Tidak bisa lewat Indomaret, Alfamart, dan juga transfer bank.

Cara Memesan Tiket Prameks Online

Dan berikut akan saya tulis cara pemesanan tiket prameks dan Solo Ekspress secara online. Oh iya sebelumnya harus registrasi dan login dulu ke akun KAI Access dan Link Aja. Dan inilah cara memesan tiket kereta api prameks dan solo ekspress secara online.

1. Masuk ke halaman utama aplikasi KAI Access.

2. Pilih menu Local Train.

3. Isikan Asal Stasiun, Stasiun Tujuan, dan Tanggal Keberangkatan. Untuk isian Penumpang tidak bisa diubah.

4. Akan muncul pilihan kereta dan jadwalnya.

5. Klik pada kereta dan jadwal pilihanmu. Akan muncul tampilan konfirmasi pemesanan.

6. Klik tombol pembayaran. Pembayaran hanya bisa dilakukan lewat Link Aja. Pastikan saldo link aja kamu cukup sob. Centang pada Link Aja.

7. Klik tombol Next.

8. Klik tombol Pay. Akan muncul pemberitahuan pembayaran telah berhasil.

9. Cek tiketmu di menu My Trips, terus pilih Local Trains.

Sudah selesai sob. Selanjutnya untuk masuk ke peron tinggal klik tiketmu di tampilan di atas untuk di scan QR Codenya oleh petugas. QR Code tersebut juga berguna saat pengecekan tiket di atas kereta. So kamu nggak perlu nyetak tiket lagi sob, hp mu lah tiketnya. Jangan sampai hpmu mati atau jaringan internetnya nggak ada ya pas pengecekan.

Itu tadi cara pemesanan tiket prameks dan solo Ekspress secara online. Kalau ada yang ditanyakan bisa isi kolom komentar ya sob.

Salam, Mase.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*