Honda Airblade Kayaknya Tidak Cocok Masuk Indonesia Nih

Salam satu aspal mas bro! Honda Vietnam baru-baru ini telah merilis All New Honda Airblade. Rilis Honda Airblade di tahun 2019 ini menjadi penanda bahwa Honda Airblade kini telah memasuki generasi kelima. Perlu diingat, Honda Airblade pertama muncul di tahun 2007 dan mendapatkan sambutan sangat baik di Vietnam.

Jika dibandingkan dengan pasar sepeda motor di Indonesia, posisi Honda Airblade sama dengan posisi Honda Vario di Indonesia. Jadi Honda Airblade tidak masuk dalam kelas maxi skuter meskipun memiliki dek yang tidak rata. Nah atas dasar inilah satuaspal.com berspekulasi jika Honda Airblade tidak cocok untuk dipasarkan di negara +62.

Mari kita flashback sebentar ke jaman dahulu, tepatnya tahun berapa saya lupa. Dulu di Indonesia pernah muncul metik dengan dek tidak rata dan bukan di kelas maxi skuter. Saat itu ada Yamaha Nouvo dan Suzuki Skydrive.

Apakah kedua motor tersebut laris? Jawabannya tidak mas bro. Meskipun satuaspal.com tidak bisa menyebutkan angka pastinya, yang jelas penjualan keduanya tidaklah sukses. Hanya segelintir masyarakat saja yang mau beli, sementara yang lain lebih memilih skuter metik dengan dek rata.

Atas dasar itulah saya menduga, masyarakat Indonesia belum butuh sepeda motor metik dengan dek njendol, kecuali itu maxi skutik. Nah kalau dikelas maxi skutik, ini malah bergengsi banget nih yang ada dek njendolnya. Intip saja bagaimana larisnya NMax, PCX, dan Aerox.

Meski sekarang Honda Airblade hadir dengan pilihan kapasitas mesin 150 cc, tetap saja Honda Airblade bukanlah maxi skuter, hanya sekelas Honda Vario 150. Sementara dari sektor desain, Honda Airblade terbaru di Vietnam ini mirip dengan Honda ADV 150, terutama di sisi depan. Dan yang kurang srek lagi buat saya adalah Honda Airblade menggunakan stang jenis tertutup, coba dech kalau pakai stang model telanjang seperti Honda ADV 150, pasti lebih keren. Kalau sudah menggunakan stang telanjang, boleh juga tuh dimasukin ke Indonesia.

~ enjoy riding

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*