Mulai Besok Harga Rokok Naik 35 Persen?

Salam satu aspal! Mas bro sekalian, merokok sudah menjadi kebiasaan satuaspal.com sejak duduk di bangku kuliah semester 2. Awalnya hanya rokok di kasih sama teman setiap kali nongkrong bareng. Lama-lama satuaspal.com mulai beli rokok sendiri secara eceran di warung burjo yang menjamur di daerah kost-kostan mahasiswa Jogja. Apa rokok yang saya beli? Sejak awal saya menyukai Sampoerna A Mild karena rasanya yang khas dan tidak nyangkut di tenggorokan.

Sejak menikah, saya mulai menghentikan kebiasaan merokok secara pelan-pelan. Hal ini karena istri yang tidak suka suami merokok dan juga karena keluarga mertua (tempat saya tinggal) juga tidak ada yang merokok. Jadi, lingkungan pun mendukung untuk saya mulai berhenti merokok. Saya sempat berhenti merokok sampai sekitar 4 tahunan atau lebih malah.

Kebiasaan tersebut nampaknya mulai terulang kembali. Karena pikiran yang ruwet, kondisi yang selalu bergaul dengan teman-teman perokok, akhirnya saya kembali merokok setahun terakhir. Weduzzz memang!!! Sekarang malah banyak rokok-rokok unik yang hadir di pasaran Indonesia. Sebut saja Esse Change dengan kecanggihannya berganti rasa. Membuat merokok sekarang menjadi kebiasaan yang semakin nikmat.

Kabar buruk untuk saya dan para perokok di Indonesia, pertanggal 1 Januari 2020, ternyata pemerintah telah menyiapkan kado spesial untuk kami. Saya cuplik dari kompas.com, mulai besok, pemerintah memutuskan menaikkan tarif cukai rokok efektif per 1 Januari 2020. Kenaikan cukai ini merupakan hasil rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, September 2019 lalu. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan menetapkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar 23 persen. Imbasnya ada kenaikan harga jual eceran (HJE) sebesar 35 persen.

So, dengan kenaikan sebesar 35 persen tersebut, harga rokok Esse Change yang biasa saya beli di mini market seharga Rp 24.000, per 1 Januari 2020 besok berpotensi naik Rp 8.400. Jadi harga rokok Esse Change yang biasa saya hisap akan menjadi sekitar Rp 30.000-an lebih. Edian njarannn… Selain Esse saya juga sering berganti merk lain seperti Camel, Sampoerna A Mild, dan Pro Mild.

~ enjoy riding

41 Replies to “Mulai Besok Harga Rokok Naik 35 Persen?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.