Berbagai Solusi Suzuki Nex II Mati Mendadak

satuaspal – Kaget mas bro… Asli satuaspal kaget ketika tiba-tiba Si Xenii, Suzuki Nex II kepunyaan satuaspal tiba-tiba mati mendadak setelah menurunkan gas untuk melewati polisi tidur yang hanya beberapa meter jaraknya dari rumah. Motor di pagi hari sudah satuaspal cuci bersih mumpung cuaca kota Karanganyar cerah di hari minggu ini.

Setelah mencuci selesai, motor langsung satuaspal panasi dengan menghidupkan mesin dengan diengkol. Tidak ada gejala apa-apa di sini dan sekali engkol mesin pun langsung menyala. Setelah memanasi mesin beberapa detik kemudian satuaspal matikan dan ditinggal mandi. Setelah semuanya beres, satuaspal berniat untuk keluar rumah mau ngojek. Dan menghidupkan mesin Suzuki Nex II dengan starter elektrik, dan normal-normal saja, tidak ada gejala apapun.

Gas perlahan untuk meninggalkan rumah. Namun mas bro… kejadian tak terduga terjadi ketika satuaspal akan melewati polisi tidur yang hanya beberapa meter dari rumah jaraknya. Mesin Suzuki Nex II tiba-tiba mati seiring satuaspal mengurangi plintiran gas. Satuaspal pun langsung memencet tombol starter elektrik… dan waduh biyung, nggak bisa nyala mas bro.

Ketika di pencet tombol starter, suaranya hanya bletak-bletak khas suara starter Suzuki Nex II, tanpa mesin mau menyala sama sekali. Lampu mill juga aman tidak berkedip-kedip menandakan bahwa tidak ada yang eror. Lalu satuaspal mencoba menyalakan mesin dengan starter engkol. Busyet mas bro… starter engkol malah ngelos. Jadi pas diinjek tuas starternya bablas aja gitu.

Fix jika gejalanya seperti ini, satuaspal langsung menyimpulkan jika Suzuki Nex II mogok ini gara-gara kompresinya hilang atau lost compresi. Selanjutnya satuaspal mencoba mendiamkan saja Suzuki Nex II tersebut tanpa starter starter lagi. Sambil menunggu waktu, satuaspal mencoba membagikan kasus ini kepada teman-teman yang ada di Facebook, sambil meminta solusi.

Tidak disangka, respon teman-teman di Facebook terhadap kasus Suzuki Nex II mati mendadak ini cukup positif. Beberapa teman memberikan masukan dan saran atas kasus yang terjadi ini, dan berikut beberapa solusi ketika Suzuki Nex II mati mendadak yang satuaspal kumpulkan dari netizen.

Ga cuma d nex2 aja. Matic lain juga kadang loss kompresi.. Solusinya buka busi. Masukin oli lewat lubang busi. Terus tutup lubang oli pake ibu jari sambil d selah sampe kompresi kembali ada… Dari bro Athafaris.

Tak kandyani yo… Kompresi sama, nexII butuh bbm oktan pertamax… Beda dg beat yg pertalite aman jaya…. Kompresi dinamisnya tinggian nex ( katanya). Belum lagi kualitas udara/kebersihan filter udara jg pengaruh ke kebersihan klep… NexII aman pakai pertalite, syarat: kontrol kebersihan di sektor ruang bakar/klep… Pertanyaan kok nexII lbh rentan thdp kotor? Karakter dasar mesin yg bore lbh gede drpd beat… Shg operasional mesin rpm mesin rata2 lbh tinggi drpd mesin beat… Hooh, sisan cek sensor2 mumpung servis. Sensor2 reget yo iso gawe mesin mati mendadak.. metik injeksi yo ngunu kui, ngandalke sensor… Barusan aku tanyain ke tehnisi jakarta…. Jawabannya : cek soket TB.. ke bengkel aja.. soket ke TB itu ibarat syaraf utama mesin… Penjelasan panjang lebar dari bro Deka Dhoni Kudo.

kl ngempos gitu tunggu beberapa menit om,baru di starter engkol. yg penting lampu Mill injeksi ga nyala. iku amaan… Ujar bro Effendi.

Klo problemnya seperti itu, lakukan ini:
-Motor di standar dua
-buka jok
-buka tutup bensin
-kunci ON
-pencet elektrik starter kick starter (diselah) secara bersamaan, lakukan beberapa x sampai motornya nyala..
Trik ini saya dapatkan dari rider beat fi, udah beberapa x saya praktekan berhasil. Dari om Dede Yusuf.

Itu tadi berbagai solusi ketika Suzuki Nex II mogok secara tiba-tiba. Khususnya karena kompresi hilang ya mas bro. Soalnya kasus mati mendadak Suzuki Nex II satuaspal tidak diikuti dengan kedipan genit lampu mill. Biasanya kalau lampu mill nyala bisa karena sebab lain, yang biasa terjadi di Nex II salah satunya karena ada masalah di socket throtle body atau TB.

Sebagai informasi, mati mendadak ini sebenarnya sudah pernah satuaspal alami sebelumnya, posisinya sama ketika menurunkan gas dan tiba-tiba mesin mati, tapi waktu itu pas satuaspal pencet tombol starter tiga kali pencet akhirnya menyala lagi, tidak perlu menunggu waktu beberapa menit seperti sekarang ini. Untuk odometer, Suzuki Nex II satuaspal sudah berada di angka 14.400 jalan dan usianya sudah 1 tahun 2 bulan. BBM memang selalu memakai pertalite, sama sekali belum pernah pakai pertamax, dan motor dipakai untuk ngojek sehari-hari.

Satuaspal sudah mencoba membawanya ke bengkel resmi yang jaraknya paling cuma 500 m dari rumah, pas mesin sudah bisa nyala lagi. Tapi apes, yang ngantri servis sudah banyak dan bengkel sudah tidak menerima pendaftaran servis lagi. Karena hari senin satuaspal kerja, jadi mungkin baru bisa ke bengkel resmi lagi di hari minggu besok lagi dah kalau tidak ada kesibukan. Sementara karena takut terulang mati mendadak lagi, satuaspal coba mau pakai bbm pertamax dulu.

~ enjoy riding

50 Replies to “Berbagai Solusi Suzuki Nex II Mati Mendadak”

  1. spesi dari ngonda saya juga permah mase, mati 2x pas pulang golek upo, yang pertama saya tinggalin di parkiran, baru besok sorenya saya ambil, eh udah bisa nyala.lagi.
    yang kedua saya tunggu bentar sambil mainan hp dipinggir jalan, saya stater sudah jreng lagi.

    besoknya saya bawa ke beres ngonda, ngahass, sampe sekarang alhamdulillah lancar jaya.

      1. saya jelasnya minta servis aja sih mase, & sambat mesin mati tentunya,baru rikues cek & bersihin injektor, busi, filter udara…hahaha abis itu jreng lagi sampe sekarang, alhamdulillah..

  2. wah tip dan triknya sangat bermanfaat
    btw apa ada disni yang nekanik matik, kira mengapa terjadi kok bisa diatasi dengan trik ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: