Case Closed, Indikator Engine Check New NMax Menyala Dapat Diselesaikan dengan Hard Reset

satuaspal – Masih menyambung artikel yang kemarin, tentang munculnya masalah pada unit baru Yamaha New NMax 2020 yang mengalami indikator engine check menyala ketika mesin menyala yang dialami oleh vlogger kondang Ridwan Hanif. Informasi terbaru saya dapatkan dari blognya lek IWB, bahkan kasus tersebut sudah tertangani dengan baik di bengkel resmi Yamaha.

Setelah di bawa ke bengkel resmi Yamaha, keluhan engine check menyala yang ditemui pada unit motor baru Yamaha New NMax warna putih milik Ridwan Hanif, akhirnya ditangani oleh mekanik bengkel tersebut. Setelah dilakukan pengecekan akhirnya ketemu juga asal muasal masalah yang membuat lampu engine check menyala pada unit Yamaha New NMax.

Ternyata masalah yang menyebabkan engine check menyala pada unit baru Yamaha New NMax adalah pada unit CPS (Crankshaft Position Sensor). Unit CPS ini sendiri letaknya berada pada di luar mesin, yakni ada di atas magnet atau pulser. Jadi untuk mengeceknya tidak perlu membongkar mesin. Hanya dengan membuka cover magnet. Terus diapain unit CPS tersebut? Entahlah saya tidak menemukan penjelasan di sana.

Yang jelas ketika mekanik sudah menemukan sumber masalah ada pada CPS ini, akhirnya masalah engine check menyala pada unit baru Yamaha NMax ini diselesaikan dengan langkah hard reset atau di flash ulang dengan alat YDT (Yamaha Diagnostic Tools). Hasilnya… Sekarang Yamaha New NMax milik vlogger kondang tersebut bisa normal kembali, lampu indikator engine check sudah aman, tidak menyala kembali saat jalan.

Nah, mas bro, jika sampean mengalami masalah serupa dengan kasus Ridwan Hanif di atas, sampean tidak perlu panik. Sampean cukup membawa unit baru Yamaha New NMax sampean ke bengkel resmi Yamaha atau dealer tempat sampean membeli unit New NMax tersebut agar diteruskan ke bengkel resminya. Engine check Yamaha New NMax menyala, solusinya hanya hard reset pakai YDT mas bro…

~ enjoy riding

4 Replies to “Case Closed, Indikator Engine Check New NMax Menyala Dapat Diselesaikan dengan Hard Reset”

  1. Motor semakin mahal konsumen semakin bawel, terkadang orang bengkel di buat kesel juga oleh konsumen yang ngga mau tau soal kekurangan motor, kita ini bukan pembuat motornya tapi sering kali kena omel pelanggan saat motor baru mereka ada masalah,.. tugas kita di lapangan tidak lebih hanya melayani perbaikan/service,tp pada kenyataanya kita sering jadi sasaran kekesalan mereka saat mereka mendapat unit yang katakanlah tidak sempurna.. boleh di bilang kerja di jaringan bengkel resmi itu banyak ngga enaknya daripada enaknya,bisa di bayangkan di saat kita kerja capek trs ketemu konsumen yang modelnya ngga mau tau terus marah-marah ke kita padahal itu bukan kesalagan bengkel kita tetap di tuntut untuk tetap santuy menghadapi mereka, kita nyolot dikit aja berpotensi kena pecat atau minimal kena skorsing,. Salah satu yang sering bikin konsumen marah adalah soal ketersediaan sparepart motor yg blm lama keluar,mereka butuh sparepart dan bengkel belum ready mereka marah² ke kita, pdhl bukan bengkel ga mau nyetok part tp memang dari atas blm ada sparepart yang turun,dan itu jg di alami oleh bengkel resmi tetangga,..

    1. Ya resiko mas jadi ujung tombak gitu, di retailpun hak jauh beda ya intinya customer taunya kita itu ya sebagai penyambung lidah keluhan konsumen meskipun tidak selalu ada fasilitas untuk menyampaikan keluhan konsumen itu ke yang lebih memiliki kekuasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.