Perbedaan Mesin Yamaha NMax Baru dengan NMax Lama

Kehadiran Yamaha NMax baru memang sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya sejak lama. Terlahir pertama kali pada tahun 2014, Yamaha NMax baru mendapatkan update di tahun 2019 akhir. Jelas ini merupakan jenjang waktu yang cukup lama. Namun hal tersebut tentu saja masuk akal, karena tanpa update pun Yamaha NMax nyatanya masih laris manis. Penjualan Yamaha NMax bahkan mampu mengalahkan penjualan Yamaha Mio yang dahulu sempat jaya. Padahal harga Yamaha NMax tidak bisa dibilang murah.

Pada tanggal 2 Desember 2019, PT. YIMM meluncur Yamaha NMax baru. Ada dua pilihan Yamaha NMax baru yang ditawarkan yakni versi standar dan versi connected/ABS. Pada versi terakhir ini Yamaha NMax mendapatkan fitur mewah seperti keyless, ABS, traction control, dan koneksi dengan smartphone.

Baca juga : Ketemu Yamaha NMax Baru

Pada sisi desain jelas kita bisa saksikan jika Yamaha NMax terbaru memiliki desain yang berbeda dengan versi yang lama. Bahkan speedometer juga berbeda. Dimensinya juga berbeda, dimana Yamaha NMax terbaru terlihat lebih gambot.

Perbedaan Yamaha NMax baru dengan Yamaha NMax lama ternyata bukan hanya ada pada sisi yang terlihat oleh mata. Ternyata Yamaha NMax baru juga memiliki perbedaan pada sektor mesin. Meski ada persamaan yakni masih tetap menggunakan mesin berkapasitas 155cc bluecore dengan VVA.

Perbedaan Yamaha NMax baru dengan NMax lama pada sisi mesin terdapat pada bagian klep. Yamaha NMax baru menggunakan klep yang berukuran 20.5 mm, sedangkan NMax lama menggukan ukuran klep 19.5 mm.

Selain klep dan area head yang berbeda, Yamaha NMax baru juga menggunakan piston yang berbeda dengan NMax lama. Kini Yamaha NMax menggunakan piston Yamaha R15 VVA. Dengan mesin yang baru ini kini Yamaha NMax baru memiliki kompresi 11.6:1, sedangkan pada Yamaha NMax lama masih 10.5:1.

Baca juga : Harga Yamaha NMax ABS Keyless

Yamaha NMax baru memiliki ukuran box filter udara yang lebih besar dengan ukuran 4.3 liter, pada NMax lama hanya 3.7 liter. Karena udara yang masuk ke ruang bakar lebih besar, maka tenaga Yamaha NMax baru pun bertambah. Yamaha NMax baru memiliki power 11.3 kW sedang NMax lama masih 11.1 kW. Sedangkan untuk torsi malah menurun yakni dari 14.4 Nm menjadi 13,9 Nm. (satuaspal)

5 Replies to “Perbedaan Mesin Yamaha NMax Baru dengan NMax Lama”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: