Bus Batik Solo Trans, Sudah Digratiskan Juga Nggak Ada yang Naik

satuaspal.com – Setelah dihentikan operasionalnya di era pandemi, kini memasuki masa kenormalan baru, meski pandemi masih mengancam, bus Batik Solo Trans kembali dioperasikan per 1 Juli 2020. Bahkan saat ini rute untuk koridor 3 dan 4 ditambah.

Ada yang menarik dari kembali diperasikannya bus Batik Solo Trans ini, yakni dengan digratiskannya tarif untuk koridor 3 dan 4. Gratisnya bukan sehari dua hari, melainkan hingga 5 bulan. Artinya penumpang tidak akan dipungut biaya saat naik BST koridor 3 dan 4 ini selama bulan Juli hingga Desember 2020 ini.

Apakah masyarakat antusias untuk naik bus Batik Solo Trans? Jawabannya nampaknya tidak. Sejak digratiskan Mase belum melihat bus ini kursinya penuh, bahkan malah bus ini cenderung tidak ada yang naik setiap harinya, pada saat mase pantau di jam berangkat dan pulang kerja. Paling jika ada penumpang, hanya ada satu atau dua orang saja.

Mase menilai digratiskannya tarif bus Batik Solo Trans untuk koridor 3 dan 4 ini kurang sosialisasi. Mase pun hanya mendapatkan info dari orang yang biasa naik BST ini. Jadi, hanya orang yang sudah biasa naik saja yang tahu kalau naik BST ini sekarang gratis. Penyebab kedua kenapa bus ini sepi, mungkin karena mahasiswa di kota Solo juga belum pada aktif, jadi tidak ada mahasiswa kuliah yang kemungkinan akan naik bus. Dan penyebab lainnya, untuk komuter perkotaan orang masih lebih mengutamakan naik motor.

Dalam catatan mase, pada pengoperasian yang baru ini, bus Batik Solo Trans sekarang terlihat sangat tertib, tidak ugal-ugalan, dan selalu berhenti di setiap halte BST yang dilewati meskipun tidak ada penumpang yang naik ataupun turun. Dan juga jarak bus BST lewat juga agak rapat, jadi penumpang yang mau naik BST tidak perlu menunggu lama.

Nah pelayanannya sudah keren, tinggal menunggu masyarakat yang mau naik bus nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.