Yamaha WR 155R Adventure With Akbar Taufan Salatiga-Jepara dan Trabas Tipis-tipis

Pebalap motocros nasional asal Salatiga, Akbar Taufan kembali menggeber Yamaha WR 155R. Tidak tanggung-tanggung, kali ini Akbar Taufan dan komunitas Yamaha WR 155R menggebernya dari Salatiga hingga di Jepara, tepatnya di kawasan Pantai Bandengan Jepara, Sabtu 22 Januari 2021. Di Hari Minggu, Akbar Taufan dan komunitas WR Salatiga dan Jepara melibas beberapa trek yang cukup menantang di Bumi Kartini.

Kami sengaja menempuh perjalanan jauh dari Salatiga menuju Jepara, sekaligus untuk test seberapa irit pemakaian BBM WR 155R, jelasnya usai makan malam di kawasan Pantai Bandengan Jepara, Sabtu malam. Usai bermain-main di Pantai Bandengan dengan WR 155R, seluruh unit dikumpulkan untuk diisi BBM karena esok harinya akan melakukan jelajah di Bumi Kartini.

Ketika salah satu team EO menanyakan apakah selama perjalanan melakukan pengisian bahan bakar hingga 2 kali, salah satu peserta menjawab hanya diisi satu kali. Kita isi full dari Salatiga pak, setelah itu nggak isi sama sekali, jawab Dony, salah satu pegiat WR 155R Salatiga yang juga pemilik Donys Motor Salatiga. Ini jarum penunjuk BBM hanya turun 2 strip. Berarti WR 155R memang sangat irit, padahal kemampuan mesinnya sangat besar, tambahnya.

Sedikit berbeda saat sebelum trabas tipis-tipis dilakukan oleh Akbar. Dirinya memberikan coaching clinik kepada seluruh peserta trabas. Mengendarai WR 155R itu berbeda dengan sepeda motor pada umumnya. Karena jalur yang akan kita lalui adalah jalur tanjakan dengan tanah yang licin karena diguyur hujan. Demikian pula pada saat jalan menurun, gunakan rem depan 80% dan rem belakang 20% agar semuanya aman, jelas Akbar. Dan jangan lupa, angkat tubuh kita di saat-saat tertentu. Melihat jalur yang akan dilalui, tambahnya.

Untuk jalur kali ini lumayan membuat berkeringat. Mantaf, jelas Akbar usai melibas rute perjalanan hingga 40 Km. Salah satu yang istimewa dari Adventure dan Trabas kali ini karena rutenya sangat komplit. Ada jalan aspal dari Salatiga-Jepara, jalan tanah di Jepara, Sirkuit Kelapa Park Pakis Aji Jepara hingga main pasir di Pantai Bandengan. Rute komplit, mantaf pokoknya, tambah Akbar.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*