Oli Resmi Motor Suzuki Kini Jadi Suzuki Ecstar, Buatan Pertamina?

SATUASPAL.COM – Salam satu aspal sob! Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui semuanya sob, selain memelihara Honda Beat, mase juga memelihara Suzuki Nex II. Jadi ceritanya, dulu itu tiap tahun mase ganti-ganti motor, di 2016 beli Verza, di 2017 beli Beat, dan di 2018 beli Nex II. Dan di artikel kali ini mase akan cerita tentang Nex II ini, yah setidaknya yang ada hubungannya dengan motor 115 cc ini.

Motor Nex II ini sempat berpindah tangan di bawa adek di Jakarta buat riding hariannya sob di tahun 2020 silam. Dan karena adek pindah tugas di Papua, akhirnya motor ini dipaksa balik ke Solo dan mase openi lagi. Konon kata adek, motor ini sudah lama banget nggak ganti oli, mungkin sudah sekitar setahunan, soalnya pas di bawa dia, cuma ganti oli sekali tok, weladalah…

Namun percaya nggak percaya nih sob, motor ini terasa masih enak-enak saja pas saya pakai setiap hari. Karakternya masih sama dengan yang dulu, tarikan bawah lemot, tarikan atas jos gandos, dan getaran mesin juga masih alus banget. Gila sih setahunan nggak ganti oli masih eces kayak gini.

Tapi kemarin mase sempatkan untuk ganti oli di beres Suzuki Karanganyar sob. Sekalian ganti oli mesin dan gardan. Namun ada yang bikin mase kaget sob saat disodori oli sama mas masnya. Hla kok olinya kayak gini!

Yup… Dahulu saya mengenal oli SGO jika mase ganti oli di beres… Hla kok sekarang semakin keren dengan memakai oli merk Ecstar. Dari kemasannya yang berwarna biru dan juga tutup dengan warna serupa, asli oli ini terlihat mewah banget. Bentuk botolnya juga baru. Tapi konon sih isinya sama saja dengan oli SGO yang biasanya. Ini cuma rebranding!

Untuk Suzuki Nex II mase disodori oli Ecstar R7000 Semi Sintetik 10W-40 yang konon pas untuk spesifikasi mesin Suzuki Nex II. Kapasitas olinya sih 800 ml, namun hanya dipakai di Nex II 650 ml. Sisanya lumayan tuh kalau diminta. Bisa dikumpulkan buat ganti oli berikutnya.

Harga oli Ecstar buatan Pertamina ini cukup standar yakni diangka Rp 44.000 di Karanganyar. Masih mahalan oli AHM buat Beat yang sampai Rp 46.000. Yang bikin kaget ya itu… Oli Ecstar baik oli mesin dan oli gardan ini ternyata Pertamina yang buat!

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*