Pelepasan Gus Paox Iben Solo Touring Borobudur to Berlin Naik Yamaha MT-09

gus paox
gus paox

satuaspal.com – Ahmad Ibnu Wibowo atau yang kondang disapa dengan sebutan Gus Paox Iben, hari ini (Senin 20/5) memulai start perjalanan solo touring Borobudur to Berlin. Gus Paox Iben sendiri merupakan budayawan yang juga adalah pemilik dari Pesantren Budaya Darul Mudhaffar di Kendal. Ternyata bukan sekali ini Gus Paox Iben melakukan touring lintas negara dengan sepeda motor.

Solo touring lintas negara Borobudur to Berlin yang dilakukan Gus Paox Iben membawa misi kebudayaan. Dari Indonesia Gus Paox Iben akan singgah di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Thailan, Mianmar, India, Pakistan, Afganistan, Khazaktan, Usbekistan, Turki, Yunani, Itali, Peracis, Belanda, Belgia, hingga Berlin. Gus Paox Iben akan singgah di beberapa komunitas dan kampus untuk melakukan diskusi dan sharing budaya antar negara.

gus paox
gus paox

Dalam touring Borobudur to Berlin ini, Gus Paox Iben akan menggunakan motor dari pabrikan Yamaha, yakni Yamaha MT-09. Motor ini disupport langsung oleh PT. YIMM. Motor dengan kelir hitam oranye ini merupakan Yamaha MT-09 gen satu rakitan tahun 2015. Yamaha MT-09 memiliki kapasitas mesin 850 cc dengan tiga silinder. Yamaha MT-09 ini mampu menghasilkan tenaga 115 dk pada 10.000 RPM dengan torsi puncaknya mencapai 87,5 Nm pada 8.500 RPM.

“Saya pilih Yamaha MT-09 karena secara posisi riding motor ini cocok untuk postur orang Asia”, ujar Gus Paox Iben saat persiapan seremoni pemberangkatannya tadi sore di Borobudur.

Acara bertajuk Nunggang Roso Riding From Borobudur to Berlin ini sudah dimulai dari pagi hari di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Gus Paox Iben diiringi oleh peserta touring lokal memulai touring dari titik nol kilometer Yogyakarta dengan pengibaran bendera start yang dilakukan langsung oleh ketua IMI Yogyakarta, Kanjeng Pangeran Haryo Purbodiningrat.

Kota Yogyakarta dipilih sebagai lokasi start touring dengan pertimbangan kota Yogyakarta merupakan kota budaya, karena misi dari perjalanan Gus Paox Iben merupakan misi kebudayaan.

Dari Yogyakarta, Gus Paox Iben bersama dengan rombongan touring lokal bergerak menuju ke Borobudur, tepatnya di Pondok Tingal, Borobudur, Magelang. Dan di Pondok Tingal inilah acara seremonial pemberangkatan Gus Paox Iben untuk melakukan solo touring lintas negara Borobudur to Berlin dilakukan di sore hari.

Dalam perjalanan touringnya, Gus Paox Iben terlebih dahulu akan singgah di beberapa kota di Indonesia. Lalu direncanakan per 1 Juni baru akan keluar Indonesia. Dan diperkirakan akan sampai Berlin pada bulan Oktober nanti.

Pengalaman Gus Paox Iben dengan Motor Yamaha

Nampaknya Gus Paox Iben sudah akrab sekali dengan motor Yamaha. Pengalaman Gus Paox Iben belajar motor pertama kali dengan menggunakan Yamaha V70 kepunyaan bu bidan tetangganya. Pernah punya Yamaha RX King empat kali karena suka akan tarikannya, riding posision yang nyaman, dan perawatan 2 tak yg gampang.

“Pertama punya RX King tahun 1988, RX King tahun 1983 pas smp, punya RX King cobra pada SMA kelas 1, lalu RX King tahun 1991 pas kuliah. Punya Yamaha Scorpio 2007. Alfa, dan force 1 buat balapan”, ujarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*