Muncul Bunga Bangkai di Samping Rumah

satuaspal.com – Selamat pagi… Gak nyadar udah lama juga vakum dan hanya jadi silent reader saja. Maklum kesibukan didunia nyata sangat banyak, apalagi sejak kehadiran si kecil. Pokoke aku bapakmu nak… 😎

Datangnya musim hujan selalu saja membawa kesuburan bagi tanah, dan mampu menghidupkan tanaman-tanaman yang selama ini mungkin hanya mampu menyimpan bijinya saja di dalam tanah tanpa bisa berkembang. Nah setelah biji itu tersiram air hujan barulah mereka menampakkan keindahannya. Salah satunya ya tanaman yang satu ini.

image

Apa yang sampean pikirkan melihat tanaman atau bunga di atas? Mirip si bunga bangkai Raflesiakan. Yup bunga itu kebetulan muncul di samping rumah. Dan ini bukan raflesia tapi bunga suweg.

Suweg (dari bahasa Jawa) adalah tanaman anggota marga Amorphophallus dan masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa ( A. titanum ) dan iles-iles ( A. muelleri ). Suweg sering dicampurbaurkan dengan iles-iles karena keduanya menghasilkan umbi batang yang dapat dimakan dan ada kemiripan dalam morfologi daun pada fase vegetatifnya. Nama lainnya adalah porang, meskipun nama ini juga dipakai untuk iles-iles. Nama-nama dalam bahasa lain: elephant foot yam [4][5] atau stink lily ( bahasa Inggris ), teve ( bahasa Tonga ), jimmikand , suran, chenna, ol ( bahasa Bengal ), serta oluo ( bahasa Odia).
Suweg adalah tanaman asli Asia Tenggara dan tumbuh di hutan-hutan kawasan Malesia , Filipina serta India tropik (bagian selatan). -wikipedia-

Sebagai ciri dari kerabat dekat bunga bangkai tentu saja mereka dapat mengeluarkan bau bangkai yang tak sedap. Begitu juga dengan bunga suweg ini, dia mengeluarkan bau busuk yang mirip dengan bau bangkai tikus.

Sekian sob semoga berguna. Salam satuaspal.

My contact__________________
Email : ekopurworejo@gmail.com
WA : 085 747 151 746

Posted from WordPress for Android Andromax E860

13 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*