Bayar pajak tahunan pertama Honda Beat Street

Salam satu aspal sob.

Beberapa hari yang lalu di bulan September 2018 yang ceria ini saya melakukan kewajiban pembayaran pajak tahunan Honda Beat Street. Kebetulan di tahun ini Honda Beat Street saya memasuki usia yang pertama, yang artinya saatnya saya membayar pajak tahunan. Saya memilih membayar pajak tahunan Honda Beat Street di Samsat Online Car Free Day Karanganyar.

[display-posts tag=bayar-pajak-kendaraan]

Hari Minggu saya menuju ke Samsat Online Karanganyar yang berlokasi di sebelah barat alun-alun Karanganyar. Di sini bukan kantor samsatnya yang buka ya sob, melainkan ada satu unit mobil samsat keliling yang memang beroperasi di hari Minggu. Saya berangkat dari rumah pukul 08.00 wib dan setibanya di samsat online ternyata antriannya sudah banyak.

Setelah memarkirkan sepeda motor di halaman Samsat Karanganyar, selanjutnya saya mengeluarkan STNK ASLI dan KTP ASLI yang menjadi syarat pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Saya langsung menuju ke mobil Samsat Keliling dan dihampiri oleh petugas berkaos casual. Waktu itu saya diminta untuk melepas plastik pembungkus STNK. Kata petugas tersebut, Samsat Keliling tidak menyediakan plastik, jadi plastik yang dibawa dilepas saja biar nanti bisa dipakai lagi.

Setelah plastik terlepas saya pun meletakkan STNK ASLI dan KTP ASLI pada tempat pengumpulan yang telah disediakan di mobil. Ternyata meskipun antriannya banyak, tapi proses kerja di Samsat Online Keliling ini cukup cepat. Tidak sampai menunggu 15 menit nama saya sudah dipanggil. Dan ada yang unik di Samsat Online Keliling Karanganyar pada saat saya bayar pajak ini, petugas yang bertugas memanggil nama wajib pajak ternyata berlogat seperti dalang wayang kulit. Hahahaha… Asli gokil…

Di tahun pertamanya ini, Honda Beat Street saya dikenai biaya pajak sebesar Rp 209.000. Nah menurut saya ini cukup pas lah tidak kemurahan atau kemahalan.

Sisi positif adanya samsat online saat ini, syarat mudah, minggu buka, proses sangat cepat…

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*